LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PT. CITOSARANA JASAPRATAMA
Nama : SUKIRMAN
NIM : 14821904
Tanggal
|
Divisi
|
Kegiatan peserta PKL
|
Lokasi
|
26/01/2015
|
PICK UP
|
1.
Briefing mengenai alur
pick up
-
Kurir menerima perintah
kerja dari supervisor untuk pick up daily dan pick up via telpon/email
-
Pelaksanaan pick up
sesuai perintah
-
Kurir menghitung jumlah
kiriman
-
Konfirmasi tentang isi
kiriman, tujuan, service, packing dan asuransi
-
Pengisian form tanda
terima dengan jelas, lengkap, dan tepat dan menyerahkan lembar putih ke
pelanggan.
-
Kurir membawa hasil pick
up dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan.
-
Kurir merekap hasil pick
up dan menyerahkan hasil pick up ke bagian EDKP.
-
Kurir melaporkan rekap
hasil pick up ke supervisor pick up
2.
Mengenal jenis-jenis
order
-
Pick up Daily
-
Pick up by Phone
-
Pick up by E-mail
3.
Mengenal bentuk surat
tanda terima
4.
Mengetahui jenis-jenis
service di CitoXpress
-
Top Urgent
-
Urgent
-
Normal
5.
Mengetahui batasan muat
barang untuk kurir motor
-
Kurir motor hanya bisa
pick dokumen/paket berukuran kecil dan tidak lebih dari 10 kg.
-
Sedangkan barang dengan
berat > 10 kg dan barang yang memiliki volume besar harus di pick up
dengan mobil.
|
Cito Pusat
|
27/01/2015 s/d 28/01/2015
|
EDKP
|
1. Briefing mengenai semua hal yang berhubungan dengan divisi EDKP
2. Mengenal lebih dalam tentang pelayanan/service kiriman
-
Normal
-
Urgent
-
Top Urgent
-
Top PP
-
Darat
-
Trucking
3. Mengetahui masalah yang sering timbul di EDKP
-
Salah steples
-
Salah entry data
4. Mengetahui tentang connote (Consignment Note) beserta
bagian-bagiannya
-
Lembar Shipper
-
Lembar Destination
5. Mengetahui alur divisi EDKP
-
Serah terima dari kurir
pick up
-
Catat ke buku pick up
-
Entry data (pencetakkan
connote)
-
Steples connote dengan
kiriman
-
Masuk ke box sesuai
wilayah
-
Barcode
-
Serah terima ke team
sortir
6. Praktek mencatat kiriman ke buku pick up
7. Praktek melakukan entry data
8. Praktek melakukan steples connote
|
Cito Pusat
|
29/01/2015 s/d 30/01/2015
|
SORTIR
|
1. Serah terima kiriman dari team EDKP
2. Kegiatan barcode barang sesuai wilayah pengiriman Intracity,
Cito Bogor, Cito Bekasi, Cito Tangerang, dlsb.
3. Untuk kiriman domestik, pengiriman dilakukan melalui bandara mas
4. Sedangkan untuk kiriman diatas 10 kg dikirim menggunakan kurir
mobil melalui Cito Halim
5. Membuat manifest untuk pengiriman ke Cito cabang menggunakan
system DMS
6. Untuk kiriman intracity dilakukan sortir kembali oleh team
sortir kurir intracity berdasarkan pembagian wilayah pengiriman kurir (barat,
selatan, utara, pusat, dlsb)
7. Membuat runsheet berdasarkan nama kurir dan wilayah pengiriman
menggunakan system barcode
8. Memasukan hasil sortir ke dalam loker masing-masing kurir sesuai
dengan wilayah pengiriman
|
Cito Pusat
|
02/02/2015 s/d 03/02/2015
|
OUTBOUND
|
1.
Briefing mengenai alur
kegiatan bagian outbound di bandara mas
2.
Kiriman datang dari
bagian pick up Cito Pusat dan Cito Halim
3.
Pengecekkan jumlah
kiriman berdasarkan bukti serah terima
4.
Menimbang kiriman dengan
acuan berat yang lebih besar antara berat asli dengan berat volume
-
Berat asli : berat hasil
dari timbangan
-
Berat volume : berat
hasil dari pengkalian panjang, lebar, tinggi barang
5.
Melakukan entry data
kiriman
6.
Sortir kiriman dengan
memasukkan ke dalam loker yang sudah dibagi per masing-masing daerah
7.
Membuat manifest
berdasarkan daerah pengiriman menggunakan sistem DMS
8.
Melakukan pengecekkan
barang menggunakan manifest yang sudah tercetak
9.
Dilakukan packing kayu
apabila diperlukan untuk menjaga keselamatan kiriman
10.
Kiriman yang perlu
packing kayu adalah kiriman barang pecah belah, elektronik, dan barang yang
rentan terhadap kerusakan lainnya
11.
Barang yang sudah ada
manifest dan sudah di cek kemudian debagging serta ditulis tujuannya
|
Bandara Mas
|
04/02/2015 s/d 05/02/2015
|
TRAFFIC
|
1.
Melakukan reservasi SMU
melalui website resmi cargo Lion Air dan Garuda Indonesia dengan mengisi
berat, jumlah koli, tujuan, dlsb. Ke dalam form yang sudah tersedia di
website tersebut
2.
Mnecetak SMU dan label
yang sudah terisi lengkap
3.
Label yang sudah tercetak
kemudian di tempel ke masing-masing koli kiriman sesuai yang yang tertera di
label
4.
Barang yang sudah dilabel
kemudian dimasukan ke dalam mobil dan SMU dibawa oleh supir untuk dikirim ke
Bandara Cargo
5.
Sesampainya di Bandara
Cargo, supir melakukan serah terima dengan supervisor traffic Bandara Cargo
6.
Supervisor/staff traffic
mengisi form PTI (Pemberitahuan Tentang Isi)
7.
Kiriman di bawa ke RA (Regulated
Agent), baik RA Lion Air maupun RA Garuda Indonesia untuk dilakukan
penimbangan dan di X-Ray
8.
Setelah kiriman selesai
di X-Ray dan dinyatakan lolos maka kiriman akan dibawa ke Gudang Cargo
masing-masing maskapai
|
Bandara Mas dan Bandara
Cargo
|
06/02/2015
|
Pick Up & Delivery
mobil dan Penanganan Projek
|
1. Brifieng mengenai kegiatan kerja di Cito Halim
2. Melakukan pick up berdasarkan email, telpon, daily
3. Kegiatan pick up dan delivery dilakukan sekali jalan jam 10 pagi
4. Tersedia 13 mobil yang beroperasi untuk wilayah Jakarta, Depok,
dan sebagian Tangerang
5. Dilakukan pengecekan mobil sebelum mobil keluar dari gudang
untuk melakukan pick up & delivery
6. Hasil pick up dibawa ke Cito terdekat (Halim, Benhil, Bandara
Mas) untuk dibuatkan Connote
7. Untuk kiriman projek bentoel tidak dilakukan pick up tetapi
vendor yang bekerja sama dengan bentoel yang akan mengirim ke gudang Halim
8. Melakukan penanganan projek Telkomsel
-
Sortir sesuai kota tujuan
-
Bagging menggunakan
plastic dan karung
-
Penempelan label
-
Pemasangan seal (segel)
|
Cito Halim
|
09/02/2015
|
INTRACITY KHUSUS
|
1. Briefing mengenai alur kerja di intracity khusus
2. Intracity khusus mencakup kiriman Top Urgent , Top PP, dan Shuttle
3. Spv intracity khusus
menerima kiriman dari bagian EDKP dan memasukannya ke dalam loker masing-masing
kurir sesuai wilayah
4. Kurir mengambil kiriman dari dalam loker sepengetahuan
supervisor dan membuat runsheet
5. Kurir intracity khusus melakukan pengiriman dengan dua cycle (waktu) yaitu pengiriman cycle pertama jam 08:00 dan cycle kedua jam
14:00, juga tersedia cycle ketiga (back up) jam 15:00
6. Ada juga kurir shuttle merupakan
kurir yang ditempatkan di kantor pelanggan
7. Top Urgent domestik dapat dilakukan via bandara, travel, dan
kereta
|
ADS
|
10/02/2015 s/d 11/02/2015
|
INTRACITY REGULAR
|
1. Briefing mengenai alur kegiatan kerja di intracity regular
2. Entry data penerima kiriman yang tertera di connote yang sukses
ke dalam sistem (nama, status, dan tanggal terima)
3. Melakukan pengecekkan runsheet kurir dan mengkalkulasi jumlah
kiriman yang sukses, KU (kirim Ulang), dan Reject serta Urgent dan Customer
khusus (AAB)
|
Cito Pusat
|
12/02/2015 s/d 13/02/2015
|
POD
|
1. Briefing mengenai alur kegiatan kerja yang ada di bagian POD
2. Melakukan steples copy connote ke tanda terima untuk penagihan
3. Listing connote berdasarkan abjad, nama customer, dan tanggal
|
Cito Pusat
|
Komentar
Posting Komentar
Alkitab dan Logistik