LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PT. CITOSARANA JASAPRATAMA

Nama    : SUKIRMAN
NIM       : 14821904
Tanggal
Divisi
Kegiatan peserta PKL
Lokasi
26/01/2015
PICK UP
1.      Briefing mengenai alur pick up
-        Kurir menerima perintah kerja dari supervisor untuk pick up daily dan pick up via telpon/email
-        Pelaksanaan pick up sesuai perintah
-        Kurir menghitung jumlah kiriman
-        Konfirmasi tentang isi kiriman, tujuan, service, packing dan asuransi
-        Pengisian form tanda terima dengan jelas, lengkap, dan tepat dan menyerahkan lembar putih ke pelanggan.
-        Kurir membawa hasil pick up dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan.
-        Kurir merekap hasil pick up dan menyerahkan hasil pick up ke bagian EDKP.
-        Kurir melaporkan rekap hasil pick up ke supervisor pick up
2.      Mengenal jenis-jenis order
-        Pick up Daily
-        Pick up by Phone
-        Pick up by E-mail
3.      Mengenal bentuk surat tanda terima
4.      Mengetahui jenis-jenis service di CitoXpress
-        Top Urgent
-        Urgent
-        Normal
5.      Mengetahui batasan muat barang untuk kurir motor
-        Kurir motor hanya bisa pick dokumen/paket berukuran kecil dan tidak lebih dari 10 kg.
-        Sedangkan barang dengan berat > 10 kg dan barang yang memiliki volume besar harus di pick up dengan mobil.
Cito Pusat
27/01/2015 s/d 28/01/2015
EDKP
1.      Briefing mengenai semua hal yang berhubungan dengan divisi EDKP
2.      Mengenal lebih dalam tentang pelayanan/service kiriman
-        Normal
-        Urgent
-        Top Urgent
-        Top PP
-        Darat
-        Trucking
3.      Mengetahui masalah yang sering timbul di EDKP
-        Salah steples
-        Salah entry data
4.      Mengetahui tentang connote (Consignment Note) beserta bagian-bagiannya
-        Lembar Shipper
-        Lembar Destination
5.      Mengetahui alur divisi EDKP
-        Serah terima dari kurir pick up
-        Catat ke buku pick up
-        Entry data (pencetakkan connote)
-        Steples connote dengan kiriman
-        Masuk ke box sesuai wilayah
-        Barcode
-        Serah terima ke team sortir
6.      Praktek mencatat kiriman ke buku pick up
7.      Praktek melakukan entry data
8.      Praktek melakukan steples connote
Cito Pusat
29/01/2015 s/d 30/01/2015
SORTIR
1.      Serah terima kiriman dari team EDKP
2.      Kegiatan barcode barang sesuai wilayah pengiriman Intracity, Cito Bogor, Cito Bekasi, Cito Tangerang, dlsb.
3.      Untuk kiriman domestik, pengiriman dilakukan melalui bandara mas
4.      Sedangkan untuk kiriman diatas 10 kg dikirim menggunakan kurir mobil melalui Cito Halim
5.      Membuat manifest untuk pengiriman ke Cito cabang menggunakan system DMS
6.      Untuk kiriman intracity dilakukan sortir kembali oleh team sortir kurir intracity berdasarkan pembagian wilayah pengiriman kurir (barat, selatan, utara, pusat, dlsb)
7.      Membuat runsheet berdasarkan nama kurir dan wilayah pengiriman menggunakan system barcode
8.      Memasukan hasil sortir ke dalam loker masing-masing kurir sesuai dengan wilayah pengiriman
Cito Pusat
02/02/2015 s/d 03/02/2015
OUTBOUND
1.      Briefing mengenai alur kegiatan bagian outbound di bandara mas
2.      Kiriman datang dari bagian pick up Cito Pusat dan Cito Halim
3.      Pengecekkan jumlah kiriman berdasarkan bukti serah terima
4.      Menimbang kiriman dengan acuan berat yang lebih besar antara berat asli dengan berat volume
-        Berat asli : berat hasil dari timbangan
-        Berat volume : berat hasil dari pengkalian panjang, lebar, tinggi barang
5.      Melakukan entry data kiriman
6.      Sortir kiriman dengan memasukkan ke dalam loker yang sudah dibagi per masing-masing daerah
7.      Membuat manifest berdasarkan daerah pengiriman menggunakan sistem DMS
8.      Melakukan pengecekkan barang menggunakan manifest yang sudah tercetak
9.      Dilakukan packing kayu apabila diperlukan untuk menjaga keselamatan kiriman
10.   Kiriman yang perlu packing kayu adalah kiriman barang pecah belah, elektronik, dan barang yang rentan terhadap kerusakan lainnya
11.   Barang yang sudah ada manifest dan sudah di cek kemudian debagging serta ditulis tujuannya
Bandara Mas
04/02/2015 s/d 05/02/2015
TRAFFIC
1.      Melakukan reservasi SMU melalui website resmi cargo Lion Air dan Garuda Indonesia dengan mengisi berat, jumlah koli, tujuan, dlsb. Ke dalam form yang sudah tersedia di website tersebut
2.      Mnecetak SMU dan label yang sudah terisi lengkap
3.      Label yang sudah tercetak kemudian di tempel ke masing-masing koli kiriman sesuai yang yang tertera di label
4.      Barang yang sudah dilabel kemudian dimasukan ke dalam mobil dan SMU dibawa oleh supir untuk dikirim ke Bandara Cargo
5.      Sesampainya di Bandara Cargo, supir melakukan serah terima dengan supervisor traffic Bandara Cargo
6.      Supervisor/staff traffic mengisi form PTI (Pemberitahuan Tentang Isi)
7.      Kiriman di bawa ke RA (Regulated Agent), baik RA Lion Air maupun RA Garuda Indonesia untuk dilakukan penimbangan dan di X-Ray
8.      Setelah kiriman selesai di X-Ray dan dinyatakan lolos maka kiriman akan dibawa ke Gudang Cargo masing-masing maskapai
Bandara Mas dan Bandara Cargo
06/02/2015
Pick Up & Delivery mobil dan Penanganan Projek
1.      Brifieng mengenai kegiatan kerja di Cito Halim
2.      Melakukan pick up berdasarkan email, telpon, daily
3.      Kegiatan pick up dan delivery dilakukan sekali jalan jam 10 pagi
4.      Tersedia 13 mobil yang beroperasi untuk wilayah Jakarta, Depok, dan sebagian Tangerang
5.      Dilakukan pengecekan mobil sebelum mobil keluar dari gudang untuk melakukan pick up & delivery
6.      Hasil pick up dibawa ke Cito terdekat (Halim, Benhil, Bandara Mas) untuk dibuatkan Connote
7.      Untuk kiriman projek bentoel tidak dilakukan pick up tetapi vendor yang bekerja sama dengan bentoel yang akan mengirim ke gudang Halim
8.      Melakukan penanganan projek Telkomsel
-        Sortir sesuai kota tujuan
-        Bagging menggunakan plastic dan karung
-        Penempelan label
-        Pemasangan seal (segel)
Cito Halim
09/02/2015
INTRACITY KHUSUS
1.      Briefing mengenai alur kerja di intracity khusus
2.      Intracity khusus mencakup kiriman Top Urgent , Top PP, dan  Shuttle
3.      Spv intracity khusus menerima kiriman dari bagian EDKP dan memasukannya ke dalam loker masing-masing kurir sesuai wilayah
4.      Kurir mengambil kiriman dari dalam loker sepengetahuan supervisor dan membuat runsheet
5.      Kurir intracity khusus melakukan pengiriman dengan dua cycle (waktu) yaitu pengiriman cycle pertama jam 08:00 dan cycle kedua jam 14:00, juga tersedia cycle ketiga (back up) jam 15:00
6.      Ada juga  kurir shuttle merupakan kurir yang ditempatkan di kantor pelanggan
7.      Top Urgent domestik dapat dilakukan via bandara, travel, dan kereta
ADS
10/02/2015 s/d 11/02/2015
INTRACITY REGULAR
1.      Briefing mengenai alur kegiatan kerja di  intracity regular
2.      Entry data penerima kiriman yang tertera di connote yang sukses ke dalam sistem (nama, status, dan tanggal terima)
3.      Melakukan pengecekkan runsheet kurir dan mengkalkulasi jumlah kiriman yang sukses, KU (kirim Ulang), dan Reject serta Urgent dan Customer khusus (AAB)
Cito Pusat
12/02/2015 s/d 13/02/2015
POD
1.      Briefing mengenai alur kegiatan kerja yang ada di bagian POD
2.      Melakukan steples copy connote ke tanda terima untuk penagihan
3.      Listing connote berdasarkan abjad, nama customer, dan tanggal
Cito Pusat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Pemanfaatan IT dalam Perusahaan

Tata Cara Puasa dalam Agama Kristen

Setting dalam MS. Outlook