Tugas PKL Logistik
Kegiatan Tugas Belajar
Di susun oleh:
Sabda Sunan
Giandara (14821922)
2014/2015
Pendahuluan
Pendahuluan
A.
Dasar Pemikiran Kerja Praktek Lapangan
Kerja Praktek Lapangan merupakan kegiatan mahasiswa yang
berlangsung di dunia kerja, serta sebagai bentuk implementasi dari program
pendidikan dan program keahlian yang diperoleh langsung dari dunia kerja.
Dengan Praktek Kerja Lapangan ini mahasiswa dapat membandingkan teori yang
didapat didunia perkuliahan dengan pelaksanaan langsung didunia kerja, serta
bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja.
B.
Profil Perusahaan
PT. Citosarana Jasapratama
Merupakan perusahaan
yang bergerak dibidang usaha layanan jasa Kurir, Kargo, Logistik. Bermula dari layanan antaran
dalam kota dan terus berkembang sampai ke seluruh wilayah domestik Indonesia, PT.
Citosarana Jasapratama dengan merek dagang CitoXpress kini menjadi Perusahaan berkelas di Indonesia.
Berbekal pengalaman
selama bertahun-tahun sejak Juni 1990, Citoxpress terus berkembang sampai saat
ini dengan jaringan yang kuat tersebar di seluruh indonesia meliputi lebih dari
40 cabang/agen.
Visi CitoXpress untuk menjadi sepuluh besar
perusahaan layanan jasa pengiriman pada
2015 membawa kami untuk berkomitmen pada misi melayani antaran tepat waktu
dengan jaminan keamanan terbaik.
Komitmen kami pada
pelanggan membawa kepercayaan dari sejumlah perusahaan besar ternama dan mitra
kerja termasuk anda untuk mempercayakan pengiriman kurir kargo dan layanan
logistik kepada CitoXpress.
Motto CitoXpress
"Service Priority" selalu menuntun kami untuk menyadari bahwa layanan
yang kami berikan turut andil dalam kesuksesan bisnis pelanggan sehingga
melayani pelanggan menjadi suatu kehormatan dan kepercayaan yang harus di jaga.
LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1
DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN
NOVEMBER S/D DESEMBER TAHUN 2014
I.
URAIAN PEKERJAAN
Kegiatan kerja
praktek lapangan oleh Mahasiswa D1 Distribution & Delivery ditempatkan
dibagian Logistik PT. Citosarana Jasapratama dengan project Danone dan setelah
itu mahasiswa akan ditempat kan dibagian Kurir dan Kargo. Untuk kegiatan kerja
di Logistik dibagi menjadi empat bidang pekerjaan, berikut uraian pekerjaan
yaitu :
a. Administrasi Warehouse
b. Checker
Inbound
c. Checker
Outbound
d. Inventory
II.
WAKTU PELAKSANAAN
Dalam melaksanakan kegiatan kerja
praktek lapangan mahasiswa telah diberikan jadwal kerja sebagai upaya proses dari kegiatan yang
dilakukan selama mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan, Mahasiswa D1 Distribusi dan pengiriman
diharuskan masuk kerja mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore mulai
hari senin sampai dengan sabtu. Berikut jadwal kerja Mahasiswa D1 Logistik:
Distribusi dan Pengiriman
Time
|
Peserta PKL
|
Pembimbing
|
Planning kegiatan peserta PKL
|
Week I
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
A Firdaus
A Firdaus
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
|
Checker Inbound
Checker Inbound
Admin warehouse
Checker Outbound
Inventory
|
Week II
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
Dani
Dani
Aris
Dani
Wikiy
|
Admin warehouse
Checker Outbound
Checker Outbound
Inventory
Admin Warehouse
|
Week
III
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
Rahmat
A Firdaus
Tarmin
Tarmin
Wanto
|
Checker Outbound
Checker Inbound
Checker Inbound
Inventory
Checker Outbound
|
Week IV
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
AndiLiani
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
Wanto
|
Inventory
Admin Warehouse
Checker Inbound
Admin Warehouse
Checker Outbound
|
Note : Untuk jadwal kegiatan diatas setiap minggunya para
mahasiswa akan dirolling kegiatannya sesuai perintah dari ketua koordinasi
logistik.
III.
Hasil
Kegiatan/Pekerjaan
Tanggal
|
Kegiatan peserta
PKL
|
Kegiatan peserta
PKL
|
17/11/2014
|
Kunjungan
|
Mengetahui
jenis pelayanan logistic yang ada di perusahaan jasa CitoXpress
|
18/11/2014
|
Perkenalan
|
Perkenalandiri
, Menentukan Pembelajaran dan Pembimbing sesuai dengan Kegiatan yang akan di pelajari
|
19/11/2014
|
Inventory
|
Perkenalan
Barang Yang di kelola Oleh pt.CitoXpress, Check Brang Keluar Dan pencatatan
Checklist Kendaraan yang melakukan bongkar muat
|
20/11/2014
|
Inventory
|
Melakukan
penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi sytem WMS,penempelan label putway
|
21/11/2014
|
Inventory
|
Penghitungan
stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking
inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver
|
22/11/2014
|
Checker Inbound
|
Brifieng
evaluasi kegiatan minggu kemarin, rencana kegiatan minggu depan, Checklist
kendaraan inbound dan outbound
|
24/11/2014
|
Checker Outbound
|
Training
safety, penempelan lebel, re-packing barang yang rusak, membersihkan gudang,
Men-file form cycle count (jumlah stock barang gudang),
|
25/11/2014
|
Checker Outbound
|
Menyerahkan
picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke
operator forklift, menyerahkan surat jalan ke driver setelah barang sudah
dibongkar muat, menempel putway label (identitas produk)
|
26/11/2014
|
Checker Outbound
|
Menyerahkan
picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke
operator forklift, mengisi checklist kendaraan outbound, memasang passed
warna kuning dan merah,
|
27/11/2014
|
Chekker Outbound
|
Checklist
kendaraan outbound, melakukan re-packing barang yang rusak, menempel passed
warna kuning dan merah
|
28/11/2014
|
Checker Outbound
|
Membersihkan
gudang, menempel passed warna merah dan kuning, menghitung cycle count
(menghitung/mencocokan jumlah fisik gudang dengan system), menempel putway
label(identitas produk), checklist kendaraan, input data wms menghitung
pallet
|
29/11/2014
|
Outbound
|
Menempel
putway label, memasang passed warna merah dan kuning, melakukan re-packing
barang yang rusak, men-file form surat outbound sesuai owdner
|
01/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away
list control, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan
kuning, check list kendaraan outbound
|
02/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menginput
outbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel putway
label, menulis form passed warna merah dan kuning
|
03/12/2014
|
Admin Gudang
|
Membuat
point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway
label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul
fajar
|
04/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menempel
putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning,
input barang inbound dan outbound ke system data WMS
|
05/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang inbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label,
menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
|
08/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away
list control, input inbound ke WMS, menempel putway label (identitas barang),
menulis form passed warna merah dan kuning, check list kendaraan outbound
|
09/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menginput
barang inbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel
putway label, menulis form passed warna merah dan kuning
|
10/12/2014
|
Admin Gudang
|
Membuat
point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway
label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul
fajar
|
11/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menempel
putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning,
input barang inbound dan outbound ke system data WMS
|
12/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang outbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label,
menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
|
13/12/2014
|
Inventory
|
Menghitung
stok barang digudang (berdasarkan system WMS dan data fisik digudang),
menulis form passed warna merah dan kuning, menempel putway label inbound
sebagai identitas barang.
|
15/12/2014
|
Inventory
|
Briefing
siang, bersih-bersih gudang, ceklist kendaraan yang akan dibongkar muat,
menempel putway label (identitas produk danone), input inbound by system WMS
|
16/12/2014
|
Inventory
|
Check
barang keluar outbound dan pencatatan Checklist Kendaraan yang melakukan
bongkar muat, memasang passed untuk barang yang siap di
distribusikan,membersihkan gudang
|
17/12/2014
|
Inventory
|
Melakukan
penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi sytem WMS,penempelan label putway,input
data outbound by WMS
|
18/12/2014
|
Inventory
|
Penghitungan
stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking
inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver, input data inbound ke system by
WMS
|
19/12/2014
|
Inventory
|
Mengirim
E-mail untuk permintaan armada truk yang akan membawa produk danone dari
gudang, menempel putway label untuk identitas barang inbound, menghitung
cycle count (stock barang yang ada digudang)
|
20/12/2014
|
Inventory
|
Bersih-bersih
gudang, memasang passed (informasi produk yang di distribusi), menghitung
cycle count (stok barang yang ada digudang berdasarkan system WMS)
|
22/12/2014
|
Inventory
|
Brifieng
K3, bersih-bersih gudang, dilanjutkan
MDT Meeting( Multi Disiplin Tim) dengan pihak client (Danone), memasang
passed warna untuk identitas produk yang baru masuk atau siap
didistribusikan, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik gudang
dengan system)
|
23/12/2014
|
Inventory
|
Brifieng
K3, bersih-bersih gudang, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik
gudang dengan system), menempel putway label (identitas barang inbound),
re-packing produk yang rusak atau bocor.
|
IV.
PERMASALAHAN YANG
DIHADAPI
Berikut permasalahan yang dihadapi Mahasiswa
D1 Distribution & Delivery selama kegiatan Kerja Praktek Lapangan:
a. Kekurangan stok pallet sedangkan
masih banyak barang (Produk Mizone)
yang belum masuk kegudang
b. CO Inbound maka barang (produk danone) dialihkan
ke kedep jika terjadi overload digudang
xwh cibinong .
c. Terjadinya
penumpukan barang didalam gudang (tidak terlalu parah), karena perbandingan
antara outbound dan inbound tidak seimbang
LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1
DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN DESEMBER S/D JANUARI
TAHUN 2014
Untuk
kegiatan selanjutnya Mahasiswa D1 Logistik: Distribusi dan Pengiriman akan
ditempatkan di Cito pusat untuk mengikuti kegiatan Kurir dan Kargo Service,
berikut jadwal kerja dan uraian kerja yang ada di Cito pusat:
LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1
DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN JANUARI S/D FEBRUARI
TAHUN 2014
Kesimpulan serta alur dari kegiatan CitoXpress dipusat :
Pick Up
Uaraian kerja: Berikut jenis-jenis service di
CitoXpress
-
Top Urgent
-
Urgent
-
Normal
1.
Menerima order pick up dari
a.
Pick Up harian atau daily mengikuti jadwal yang telah disepakati oleh citoxpress dan pihak pelanggan
b.
Pick Up tidak terjadwal mengikuti order via
telepon dan
email serta media komunikasi lainnya.
2.
Staf admin mencatat order pick up di log book serta menginput di system
DMS.
3.
Staf admin menginformasikan order pick up kesupir atau kurir pick up.
4.
Supir atau kurir pick up menerima kiriman dari pelanggan dan melakukan:
a. Menghitung jumlah kiriman
b. Mengkonfirmasi isi kiriman, tujuan, jenis layanan (packing dan asuransi)
c. Mengisi
form serah terima dengan jelas, lengkap, dan tepat serta menyerahkan lembar putih kepelanggan sebagai bukti.
5. Supir atau kurir pick up mengatur penempatan kiriman pick up dikendaraan dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan kiriman.
6. Supir atau kurir pick up
menyerahkan kiriman ke edkp beserta tanda terima dan rekapan
pick up.
7. Supir atau kurir pick up
melaporkan rekap
pick up di hati yang sama ke spv pick up jika terjadi masalah dilapangan.
EDKP
Uraian kerja:
1. Staf edkp menerima kiriman dari:
a. Team pick up dan,
b. Pelanggan yang dating kekantor cito langsung.
2. Staf edkp mencatat kiriman pick up di log
book.
3. Staf edkp membagi kiriman sesuai dengan tandaterima dan permintaan pelanggan seperti:
a. Kiriman dipacking
b. Kirimant idak dipacking
4. Staf edkp menimbang berat atau mengukur volumetric kiriman (PxLxT)
5. Staf edkp mengentry kiriman ke system DMS
berdasarkan:
a. Nama penerima
b. Alamat penerima
(jalan,no,rt,rw,blok) secara lengkap dan kota tujuan akhir.
c. Serta jenis layanan
(normal,urgent,atau top urgent).
6. Staf edkp mencetak connote
(tandaterima) untuk kiriman
yang belum disertai
connote.
7. Staf edkp menyerahkan kiriman beserta connote ketim sortir siang, malam dan tim khusus.
Sortir
Uraian kerja:
1. Staf sortir menerima kiriman dari tim edkp serta tanda serahterima.
2. Tim sortir membagi kiriman ke:
a. wilayah
Jakarta
b. wilayah jabodetabek
c. kiriman wilayah transit
d. kiriman
internal cito
3. Staf sortir melakukan serahterima kiriman dengan cara membarcode connote
kiriman intracity ke staf admin delivery.
Outbound
Uraian kerja:
1. Staf outbound menerima kiriman serta connote dari tim edkp halim.
2. Staff outbound melakukan pengecekan kiriman dan koli berdasarkan serah terima.
3. Staf outbound melakukan sortir kiriman perwilayah domestic
4. Staf outbound membuat manifest dengan membarcode connote
untuk kiriman
domestic.
5. Staf outbound melakukan bagging atau
packing (koliluar) dan menulis tujuan cabang atau agen.
6. Staf outbound melakukan serah terima dengan dilengkapi bukti serah terima (sesuai tujuan):
a. Trucking (via darat lintas jawa)
b. Traffic (via udara)
c. Cito pusat
Traffic
Uraian kerja:
Pengiriman via udara
1. Melakukan reservasi SMU (Surat Muatan Udara).
2. Menerbitkan SMU pertujuan sesuai dengan jumlah dan berat koli kiriman
3. Melakukan labeling pada koli kiriman .
Prosedure pemberangkatan dibandara cargo
1. Staff traffic menerima informasi dari petugas yang berada digudang bandara mas dan melakukan reservasi untuk kiriman non garuda.
2. Staff taffic menerima SMU dari sopir dan melaporkan kegudang cargo untuk konfirmasi pemberangkatan
3. Staf traffic beserta sopir menyerahkan dan menerima kembali koli kiriman di RA
(Regulated Agent) X-ray
4. Staf Traffic menyerahkan koli kiriman kepetugas gudang cargo sesuai SMU
5. Staff traffic memastikan keberangkatan kiriman.
6. Staff traffic melaporkan keberangkatan kiriman kepada manager, kantor cabang dan agen via telepon atau email.
7. Staf traffic memastikan kiriman sudah tiba dilokasi tujuan dengan lengkap dan baik
Intracitykhusus
Uraian kerja:
2. Intracity khusus
mencakup kiriman Top Urgent , Top PP, dan
Shuttle
3. Spv intracity khusus
menerima kiriman dari bagian EDKP dan memasukannya ke dalam loker masing-masing
kurir sesuai wilayah
4. Kurir mengambil kiriman
dari dalam loker sepengetahuan supervisor dan membuat runsheet
5. Kurir intracity khusus
melakukan pengiriman dengan dua cycle (waktu) yaitu pengiriman cycle
pertama jam 08:00 dan cycle kedua jam 14:00, juga tersedia cycle ketiga (back
up) jam 15:00
6. Ada
juga kurir shuttle merupakan
kurir yang ditempatkan di kantor pelanggan
Top Urgent domestik
dapat dilakukan via bandara, travel, dan kereta
Intracity Reguler
Uraian
kerja:
1. Briefing mengenai alur
kegiatan kerja di intracity regular
2.
Spv intracity khusus
menerima kiriman dari bagian EDKP dan memasukannya ke dalam loker masing-masing
kurir sesuai wilayah
3. Entry data penerima
kiriman yang tertera di connote yang sukses ke dalam sistem (nama, status, dan
tanggal terima)
4.
Melakukan pengecekkan runsheet kurir dan
mengkalkulasi jumlah kiriman yang sukses, KU (kirim Ulang), dan Reject serta
Urgent dan Customer khusus (AAB)
Administrasi
Operasional (POD)
Uraian kerja:
Briefing mengenai
ruang lingkup serta alur kerja kerja
divisi POD, melakukan runsheet conot dengan menggolongkan berdasarkan bulan dan
nama pelanggan secara urut, melakukan tracing untuk data pelanggan yang lolos
listing serta mencari nama penerima di lembar runsheet di divisi intracity
reguler, melakukan listing POD dengan mencantumkan nama penerima dari hasil
tracing.
V.
Penutup
Kesimpulan dari semua
kegiatan Tugas Belajar di CitoXpress adalah bahwa untuk semua alur proses
kegiatan Kurir, Kargo, dan Logistik telah memenuhi standar SOP (Standard
Operational Prosedure), serta untuk saran yang perlu ditindak lanjuti adalah
para pegawai yang berada di CitoXpress harus lebih peduli lagi untuk menerapkan
serta melakukan standar SOP yang ditetapkan perusahaan agar tidak terjadi
kesalahan pada saat melakukan pekerjaan.
Penanggung Jawab (PIC) Jakarta, 26 Februari 2015
Icclesia
Sabda Sunan Giandara
Komentar
Posting Komentar
Alkitab dan Logistik