Tugas PKL Logistik



Kegiatan Tugas Belajar
Di susun oleh:
Sabda Sunan Giandara (14821922)
2014/2015
Pendahuluan
A.    Dasar Pemikiran Kerja Praktek Lapangan
Kerja Praktek Lapangan merupakan kegiatan mahasiswa yang berlangsung di dunia kerja, serta sebagai bentuk implementasi dari program pendidikan dan program keahlian yang diperoleh langsung dari dunia kerja. Dengan Praktek Kerja Lapangan ini mahasiswa dapat membandingkan teori yang didapat didunia perkuliahan dengan pelaksanaan langsung didunia kerja, serta bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja.
B.    Profil Perusahaan
  


PT. Citosarana Jasapratama
Merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha layanan jasa Kurir, Kargo, Logistik. Bermula dari layanan antaran dalam kota dan terus berkembang sampai ke seluruh wilayah domestik Indonesia, PT. Citosarana Jasapratama dengan merek dagang CitoXpress kini menjadi Perusahaan berkelas di Indonesia.
Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun sejak Juni 1990, Citoxpress terus berkembang sampai saat ini dengan jaringan yang kuat tersebar di seluruh indonesia meliputi lebih dari 40 cabang/agen.
Visi CitoXpress untuk menjadi sepuluh besar perusahaan layanan jasa pengiriman pada 2015 membawa kami untuk berkomitmen pada misi melayani antaran tepat waktu dengan jaminan keamanan terbaik.
Komitmen kami pada pelanggan membawa kepercayaan dari sejumlah perusahaan besar ternama dan mitra kerja termasuk anda untuk mempercayakan pengiriman kurir kargo dan layanan logistik kepada CitoXpress.
Motto CitoXpress "Service Priority" selalu menuntun kami untuk menyadari bahwa layanan yang kami berikan turut andil dalam kesuksesan bisnis pelanggan sehingga melayani pelanggan menjadi suatu kehormatan dan kepercayaan yang harus di jaga.

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1 DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN NOVEMBER S/D DESEMBER TAHUN 2014
I.                 URAIAN PEKERJAAN
Kegiatan kerja praktek lapangan oleh Mahasiswa D1 Distribution & Delivery ditempatkan dibagian Logistik PT. Citosarana Jasapratama dengan project Danone dan setelah itu mahasiswa akan ditempat kan dibagian Kurir dan Kargo. Untuk kegiatan kerja di Logistik dibagi menjadi empat bidang pekerjaan, berikut uraian pekerjaan yaitu :
a.      Administrasi Warehouse

b.     Checker Inbound

c.      Checker Outbound

d.     Inventory

II.               WAKTU PELAKSANAAN
Dalam melaksanakan kegiatan kerja praktek lapangan mahasiswa telah diberikan jadwal kerja sebagai upaya proses dari kegiatan yang dilakukan selama mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan, Mahasiswa D1 Distribusi dan pengiriman diharuskan masuk kerja mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore mulai hari senin sampai dengan sabtu. Berikut jadwal kerja Mahasiswa D1 Logistik: Distribusi dan Pengiriman
Time
Peserta PKL
Pembimbing
Planning kegiatan peserta PKL
Week I
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
A Firdaus
A Firdaus
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
Checker Inbound
Checker Inbound
Admin warehouse
Checker Outbound
Inventory
Week II
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
Dani
Dani
Aris
Dani
Wikiy
Admin warehouse
Checker Outbound
Checker Outbound
Inventory
Admin Warehouse
Week III
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
Rahmat
A Firdaus
Tarmin
Tarmin
Wanto
Checker Outbound
Checker Inbound
Checker Inbound
Inventory
Checker Outbound
Week IV
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
AndiLiani
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
Wanto
Inventory
Admin Warehouse
Checker Inbound
Admin Warehouse
Checker Outbound

Note : Untuk jadwal kegiatan diatas setiap minggunya para mahasiswa akan dirolling kegiatannya sesuai perintah dari ketua koordinasi logistik.
III.             Hasil Kegiatan/Pekerjaan 
Tanggal
Kegiatan peserta PKL
Kegiatan peserta PKL
17/11/2014
Kunjungan
Mengetahui jenis pelayanan logistic yang ada di perusahaan jasa CitoXpress
18/11/2014
Perkenalan
Perkenalandiri , Menentukan Pembelajaran dan Pembimbing sesuai dengan Kegiatan yang akan di pelajari
19/11/2014
Inventory
Perkenalan Barang Yang di kelola Oleh pt.CitoXpress, Check Brang Keluar Dan pencatatan Checklist Kendaraan yang melakukan bongkar muat
20/11/2014
Inventory
Melakukan penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi  sytem WMS,penempelan label putway
21/11/2014
Inventory
Penghitungan stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver
22/11/2014
Checker Inbound
Brifieng evaluasi kegiatan minggu kemarin, rencana kegiatan minggu depan, Checklist kendaraan inbound dan outbound
24/11/2014
Checker Outbound
Training safety, penempelan lebel, re-packing barang yang rusak, membersihkan gudang, Men-file form cycle count (jumlah stock barang gudang),
25/11/2014
Checker Outbound
Menyerahkan picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke operator forklift, menyerahkan surat jalan ke driver setelah barang sudah dibongkar muat, menempel putway label (identitas produk)
26/11/2014
Checker Outbound
Menyerahkan picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke operator forklift, mengisi checklist kendaraan outbound, memasang passed warna kuning dan merah,
27/11/2014
Chekker Outbound
Checklist kendaraan outbound, melakukan re-packing barang yang rusak, menempel passed warna kuning dan merah
28/11/2014
Checker Outbound
Membersihkan gudang, menempel passed warna merah dan kuning, menghitung cycle count (menghitung/mencocokan jumlah fisik gudang dengan system), menempel putway label(identitas produk), checklist kendaraan, input data wms menghitung pallet
29/11/2014
Outbound
Menempel putway label, memasang passed warna merah dan kuning, melakukan re-packing barang yang rusak, men-file form surat outbound sesuai owdner
01/12/2014
Admin Gudang
Input barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away list control, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan kuning, check list kendaraan outbound
02/12/2014
Admin Gudang
Menginput outbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan kuning
03/12/2014
Admin Gudang
Membuat point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul fajar
04/12/2014
Admin Gudang
Menempel putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning, input barang inbound dan outbound ke system data WMS
05/12/2014
Admin Gudang
Input barang inbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label, menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
08/12/2014
Admin Gudang
Input barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away list control, input inbound ke WMS, menempel putway label (identitas barang), menulis form passed warna merah dan kuning, check list kendaraan outbound
09/12/2014
Admin Gudang
Menginput barang inbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan kuning
10/12/2014
Admin Gudang
Membuat point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul fajar
11/12/2014
Admin Gudang
Menempel putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning, input barang inbound dan outbound ke system data WMS
12/12/2014
Admin Gudang
Input barang outbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label, menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
13/12/2014
Inventory
Menghitung stok barang digudang (berdasarkan system WMS dan data fisik digudang), menulis form passed warna merah dan kuning, menempel putway label inbound sebagai identitas barang.
15/12/2014
Inventory
Briefing siang, bersih-bersih gudang, ceklist kendaraan yang akan dibongkar muat, menempel putway label (identitas produk danone), input inbound by system WMS
16/12/2014
Inventory
Check barang keluar outbound dan pencatatan Checklist Kendaraan yang melakukan bongkar muat, memasang passed untuk barang yang siap di distribusikan,membersihkan gudang
17/12/2014
Inventory
Melakukan penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi  sytem WMS,penempelan label putway,input data outbound by WMS
18/12/2014
 Inventory
Penghitungan stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver, input data inbound ke system by WMS
19/12/2014
Inventory
Mengirim E-mail untuk permintaan armada truk yang akan membawa produk danone dari gudang, menempel putway label untuk identitas barang inbound, menghitung cycle count (stock barang yang ada digudang)
20/12/2014
Inventory
Bersih-bersih gudang, memasang passed (informasi produk yang di distribusi), menghitung cycle count (stok barang yang ada digudang berdasarkan system WMS)
22/12/2014
Inventory
Brifieng K3, bersih-bersih gudang,  dilanjutkan MDT Meeting( Multi Disiplin Tim) dengan pihak client (Danone), memasang passed warna untuk identitas produk yang baru masuk atau siap didistribusikan, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik gudang dengan system)
23/12/2014
Inventory
Brifieng K3, bersih-bersih gudang, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik gudang dengan system), menempel putway label (identitas barang inbound), re-packing produk yang rusak atau bocor.

IV.            PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Berikut permasalahan yang dihadapi Mahasiswa D1 Distribution & Delivery selama kegiatan Kerja Praktek Lapangan:
a.      Kekurangan stok pallet sedangkan masih banyak barang (Produk Mizone) yang belum masuk kegudang
b.     CO Inbound maka barang (produk danone) dialihkan ke kedep jika terjadi overload digudang xwh cibinong .
c.      Terjadinya penumpukan barang didalam gudang (tidak terlalu parah), karena perbandingan antara outbound dan inbound tidak seimbang

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1 DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN DESEMBER  S/D JANUARI TAHUN 2014
Untuk kegiatan selanjutnya Mahasiswa D1 Logistik: Distribusi dan Pengiriman akan ditempatkan di Cito pusat untuk mengikuti kegiatan Kurir dan Kargo Service, berikut jadwal kerja dan uraian kerja yang ada di Cito pusat:







LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1 DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN JANUARI  S/D FEBRUARI TAHUN 2014
Kesimpulan serta alur dari kegiatan CitoXpress dipusat :
Pick Up
Uaraian kerja:  Berikut  jenis-jenis service di CitoXpress
-        Top Urgent
-        Urgent
-        Normal

1. Menerima order pick up dari
             a.          Pick Up harian atau daily mengikuti jadwal yang telah disepakati oleh citoxpress dan pihak pelanggan
            b.          Pick Up tidak terjadwal mengikuti order via telepon dan email serta media komunikasi lainnya.
2. Staf admin mencatat order pick up di log book serta menginput di system DMS.
3. Staf admin menginformasikan order pick up kesupir atau kurir pick up.
4. Supir atau kurir pick up menerima kiriman dari pelanggan dan melakukan:
           a.     Menghitung jumlah kiriman
           b.     Mengkonfirmasi isi kiriman, tujuan, jenis layanan (packing dan asuransi)
           c.     Mengisi form serah terima dengan jelas, lengkap, dan tepat serta menyerahkan lembar putih kepelanggan sebagai bukti.
5. Supir atau kurir pick up mengatur penempatan kiriman pick up dikendaraan   dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan kiriman.
6. Supir atau kurir pick up menyerahkan kiriman ke edkp beserta tanda terima dan      rekapan pick up.
7. Supir atau kurir pick up melaporkan rekap pick up di hati yang sama ke spv pick up jika terjadi masalah dilapangan.
EDKP
Uraian kerja:
1. Staf edkp menerima kiriman dari:
     a. Team pick up dan,
     b. Pelanggan yang dating kekantor cito langsung.
2. Staf edkp mencatat kiriman pick up di log book.
3. Staf edkp membagi kiriman sesuai dengan tandaterima dan permintaan pelanggan seperti:
      a. Kiriman dipacking
      b. Kirimant idak dipacking
4. Staf  edkp menimbang berat atau mengukur volumetric kiriman (PxLxT)
5. Staf edkp mengentry kiriman ke system DMS berdasarkan:
       a. Nama penerima
       b. Alamat penerima (jalan,no,rt,rw,blok) secara lengkap dan kota tujuan akhir.
       c. Serta jenis layanan (normal,urgent,atau top urgent).
6. Staf edkp mencetak connote (tandaterima) untuk kiriman yang belum disertai connote.
7. Staf edkp menyerahkan kiriman beserta connote ketim sortir siang, malam dan tim khusus.
Sortir
Uraian kerja:
1. Staf sortir menerima kiriman dari tim edkp serta tanda serahterima.
2. Tim sortir membagi kiriman ke:
    a. wilayah Jakarta
    b. wilayah jabodetabek
    c. kiriman wilayah transit
    d. kiriman internal cito
3. Staf sortir melakukan serahterima kiriman dengan cara membarcode connote kiriman intracity ke staf admin delivery.
Outbound
Uraian kerja:
1. Staf outbound menerima kiriman serta connote dari tim edkp halim.
2. Staff outbound melakukan pengecekan kiriman dan koli berdasarkan serah terima.
3. Staf outbound melakukan sortir kiriman perwilayah domestic
4. Staf outbound membuat manifest dengan membarcode connote untuk kiriman domestic.
5. Staf outbound melakukan bagging atau packing (koliluar) dan menulis tujuan cabang atau agen.
6. Staf outbound melakukan serah terima dengan dilengkapi bukti serah terima (sesuai tujuan):
     a. Trucking  (via darat lintas jawa)
     b. Traffic (via udara)
     c. Cito pusat
Traffic
Uraian kerja:
Pengiriman via udara
 1. Melakukan reservasi SMU (Surat Muatan Udara).
 2. Menerbitkan SMU pertujuan sesuai dengan jumlah dan berat koli kiriman
 3. Melakukan labeling pada koli kiriman .

Prosedure pemberangkatan dibandara cargo
 1. Staff traffic menerima informasi dari petugas yang berada  digudang bandara mas dan melakukan reservasi untuk kiriman non garuda.
2. Staff taffic menerima SMU dari sopir dan melaporkan kegudang cargo untuk konfirmasi pemberangkatan
 3. Staf traffic beserta sopir menyerahkan dan menerima kembali koli kiriman di RA (Regulated Agent) X-ray
 4. Staf Traffic menyerahkan koli kiriman kepetugas gudang cargo sesuai SMU
 5. Staff traffic memastikan keberangkatan kiriman.
 6. Staff traffic melaporkan keberangkatan kiriman kepada manager, kantor cabang dan agen via telepon atau email.
 7. Staf traffic memastikan kiriman sudah tiba dilokasi tujuan dengan lengkap dan baik
Intracitykhusus
Uraian kerja:
1.     Briefing mengenai alur kerja di intracity khusus
2.     Intracity khusus mencakup kiriman Top Urgent , Top PP, dan  Shuttle
3.     Spv intracity khusus menerima kiriman dari bagian EDKP dan memasukannya ke dalam loker masing-masing kurir sesuai wilayah
4.     Kurir mengambil kiriman dari dalam loker sepengetahuan supervisor dan membuat runsheet
5.     Kurir intracity khusus melakukan pengiriman dengan dua cycle (waktu) yaitu pengiriman cycle pertama jam 08:00 dan cycle kedua jam 14:00, juga tersedia cycle ketiga (back up) jam 15:00
6.     Ada juga  kurir shuttle merupakan kurir yang ditempatkan di kantor pelanggan
               Top Urgent domestik dapat dilakukan via bandara, travel, dan kereta 
Intracity Reguler
Uraian kerja:
1.     Briefing mengenai alur kegiatan kerja di  intracity regular
2.     Spv intracity khusus menerima kiriman dari bagian EDKP dan memasukannya ke dalam loker masing-masing kurir sesuai wilayah
3.     Entry data penerima kiriman yang tertera di connote yang sukses ke dalam sistem (nama, status, dan tanggal terima)
4.     Melakukan pengecekkan runsheet kurir dan mengkalkulasi jumlah kiriman yang sukses, KU (kirim Ulang), dan Reject serta Urgent dan Customer khusus (AAB)
Administrasi Operasional (POD)
Uraian kerja:
Briefing mengenai ruang lingkup serta alur  kerja kerja divisi POD, melakukan runsheet conot dengan menggolongkan berdasarkan bulan dan nama pelanggan secara urut, melakukan tracing untuk data pelanggan yang lolos listing serta mencari nama penerima di lembar runsheet di divisi intracity reguler, melakukan listing POD dengan mencantumkan nama penerima dari hasil tracing. 
V.              Penutup
Kesimpulan dari semua kegiatan Tugas Belajar di CitoXpress adalah bahwa untuk semua alur proses kegiatan Kurir, Kargo, dan Logistik telah memenuhi standar SOP (Standard Operational Prosedure), serta untuk saran yang perlu ditindak lanjuti adalah para pegawai yang berada di CitoXpress harus lebih peduli lagi untuk menerapkan serta melakukan standar SOP yang ditetapkan perusahaan agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan pekerjaan.  
                  Penanggung Jawab (PIC)                                      Jakarta, 26 Februari 2015



                              Icclesia                                                          Sabda Sunan Giandara



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Pemanfaatan IT dalam Perusahaan

Tata Cara Puasa dalam Agama Kristen

Setting dalam MS. Outlook