Kegiatan Tugas Belajar
Di susun oleh:
Sabda Sunan
Giandara (14821922)
2014/2015
Pendahuluan
Pendahuluan
A.
Dasar Pemikiran Kerja Praktek Lapangan
Kerja Praktek Lapangan merupakan kegiatan mahasiswa yang
berlangsung di dunia kerja, serta sebagai bentuk implementasi dari program
pendidikan dan program keahlian yang diperoleh langsung dari dunia kerja.
Dengan Praktek Kerja Lapangan ini mahasiswa dapat membandingkan teori yang
didapat didunia perkuliahan dengan pelaksanaan langsung didunia kerja, serta
bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja.
B.
Profil Perusahaan
PT. Citosarana Jasapratama
Merupakan perusahaan
yang bergerak dibidang usaha layanan jasa Kurir, Kargo, Logistik. Bermuladarilayananantarandalamkotadanterusberkembangsampaikeseluruhwilayahdomestik
Indonesia, PT. CitosaranaJasapratama denganmerekdagangCitoXpresskinimenjadi Perusahaan
berkelas di Indonesia.
Berbekalpengalamanselamabertahun-tahunsejakJuni
1990, Citoxpressterusberkembangsampaisaatinidenganjaringan yang kuattersebar di
seluruhindonesiameliputilebihdari 40 cabang/agen.
VisiCitoXpressuntukmenjadisepuluhbesarperusahaanlayananjasapengirimanpada
2015membawa kami
untukberkomitmenpadamisimelayaniantarantepatwaktudenganjaminankeamananterbaik.
Komitmen kami
padapelangganmembawakepercayaandarisejumlahperusahaanbesarternamadanmitrakerjatermasukandauntukmempercayakanpengirimankurirkargodanlayananlogistikkepadaCitoXpress.
Motto CitoXpress
"Service Priority" selalumenuntun kami untukmenyadaribahwalayanan
yang kami
berikanturutandildalamkesuksesanbisnispelanggansehinggamelayanipelangganmenjadisuatukehormatandankepercayaan
yang harus di jaga.
LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1
DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN
NOVEMBER S/D DESEMBER TAHUN 2014
I.
URAIAN PEKERJAAN
Kegiatan kerja
praktek lapangan oleh Mahasiswa D1 Distribution & Delivery ditempatkan dibagian
Logistik PT. Citosarana Jasapratama dengan project Danone dan setelah itu
mahasiswa akan ditempat kan dibagian Kurir dan Kargo. Untuk kegiatan kerja di
Logistik dibagi menjadi empat bidang pekerjaan, berikut uraian pekerjaan yaitu
:
a. Administrasi Warehouse
b. Checker
Inbound
c. Checker
Outbound
d. Inventory
II.
WAKTU PELAKSANAAN
Dalam melaksanakan kegiatan kerja
praktek lapangan mahasiswa telahdiberikan jadwal kerja sebagai upaya proses dari kegiatan yang
dilakukan selama mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan, Mahasiswa D1 Distribusi dan pengiriman
diharuskan masuk kerja mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore mulai
hari senin sampai dengan sabtu. Berikut jadwal kerja Mahasiswa D1 Logistik:
Distribusi dan Pengiriman
Time
|
Peserta PKL
|
Pembimbing
|
Planning kegiatanpeserta PKL
|
Week I
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
A Firdaus
A Firdaus
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
|
Checker Inbound
Checker Inbound
Admin warehouse
Checker Outbound
Inventory
|
Week II
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
Dani
Dani
Aris
Dani
Wikiy
|
Admin warehouse
Checker Outbound
Checker Outbound
Inventory
Admin Warehouse
|
Week
III
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
Rahmat
A Firdaus
Tarmin
Tarmin
Wanto
|
Checker Outbound
Checker Inbound
Checker Inbound
Inventory
Checker Outbound
|
Week IV
|
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
|
AndiLiani
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
Wanto
|
Inventory
Admin Warehouse
Checker Inbound
Admin Warehouse
Checker Outbound
|
Note : Untuk jadwal kegiatan diatas setiap minggunya para
mahasiswa akan dirolling kegiatannya sesuai perintah dari ketua koordinasi
logistik.
III.
Hasil
Kegiatan/Pekerjaan
Tanggal
|
Kegiatan peserta
PKL
|
Kegiatan peserta
PKL
|
17/11/2014
|
Kunjungan
|
Mengetahui
jenis pelayanan logistic yang ada di perusahaan jasa CitoXpress
|
18/11/2014
|
Perkenalan
|
Perkenalandiri
, Menentukan Pembelajaran dan Pembimbing sesuai dengan Kegiatan yang akan di
pelajari
|
19/11/2014
|
Inventory
|
Perkenalan
Barang Yang di kelola Oleh pt.CitoXpress, Check Brang Keluar Dan pencatatan
Checklist Kendaraan yang melakukan bongkar muat
|
20/11/2014
|
Inventory
|
Melakukan
penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi sytem WMS,penempelan label putway
|
21/11/2014
|
Inventory
|
Penghitungan
stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking
inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver
|
22/11/2014
|
Checker Inbound
|
Brifieng
evaluasi kegiatan minggu kemarin, rencana kegiatan minggu depan, Checklist
kendaraan inbound dan outbound
|
24/11/2014
|
Checker Outbound
|
Training
safety, penempelan lebel, re-packing barang yang rusak, membersihkan gudang,
Men-file form cycle count (jumlah stock barang gudang),
|
25/11/2014
|
Checker Outbound
|
Menyerahkan
picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke
operator forklift, menyerahkan surat jalan ke driver setelah barang sudah
dibongkar muat, menempel putway label (identitas produk)
|
26/11/2014
|
Checker Outbound
|
Menyerahkan
picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke
operator forklift, mengisi checklist kendaraan outbound, memasang passed
warna kuning dan merah,
|
27/11/2014
|
Chekker Outbound
|
Checklist
kendaraan outbound, melakukan re-packing barang yang rusak, menempel passed
warna kuning dan merah
|
28/11/2014
|
Checker Outbound
|
Membersihkan
gudang, menempel passed warna merah dan kuning, menghitung cycle count
(menghitung/mencocokan jumlah fisik gudang dengan system), menempel putway
label(identitas produk), checklist kendaraan, input data wms menghitung
pallet
|
29/11/2014
|
Outbound
|
Menempel
putway label, memasang passed warna merah dan kuning, melakukan re-packing
barang yang rusak, men-file form surat outbound sesuai owdner
|
01/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away
list control, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan
kuning, check list kendaraan outbound
|
02/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menginput
outbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel putway
label, menulis form passed warna merah dan kuning
|
03/12/2014
|
Admin Gudang
|
Membuat
point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway
label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul
fajar
|
04/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menempel
putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning,
input barang inbound dan outbound ke system data WMS
|
05/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang inbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label,
menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
|
08/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away
list control, input inbound ke WMS, menempel putway label (identitas barang),
menulis form passed warna merah dan kuning, check list kendaraan outbound
|
09/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menginput
barang inbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel
putway label, menulis form passed warna merah dan kuning
|
10/12/2014
|
Admin Gudang
|
Membuat
point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway
label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul
fajar
|
11/12/2014
|
Admin Gudang
|
Menempel
putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning,
input barang inbound dan outbound ke system data WMS
|
12/12/2014
|
Admin Gudang
|
Input
barang outbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label,
menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
|
13/12/2014
|
Inventory
|
Menghitung
stok barang digudang (berdasarkan system WMS dan data fisik digudang),
menulis form passed warna merah dan kuning, menempel putway label inbound
sebagai identitas barang.
|
15/12/2014
|
Inventory
|
Briefing
siang, bersih-bersih gudang, ceklist kendaraan yang akan dibongkar muat,
menempel putway label (identitas produk danone), input inbound by system WMS
|
16/12/2014
|
Inventory
|
Check
barang keluar outbound dan pencatatan Checklist Kendaraan yang melakukan
bongkar muat, memasang passed untuk barang yang siap di
distribusikan,membersihkan gudang
|
17/12/2014
|
Inventory
|
Melakukan
penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi sytem WMS,penempelan label putway,input
data outbound by WMS
|
18/12/2014
|
Inventory
|
Penghitungan
stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking
inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver, input data inbound ke system by
WMS
|
19/12/2014
|
Inventory
|
Mengirim
E-mail untuk permintaan armada truk yang akan membawa produk danone dari
gudang, menempel putway label untuk identitas barang inbound, menghitung
cycle count (stock barang yang ada digudang)
|
20/12/2014
|
Inventory
|
Bersih-bersih
gudang, memasang passed (informasi produk yang di distribusi), menghitung
cycle count (stok barang yang ada digudang berdasarkan system WMS)
|
22/12/2014
|
Inventory
|
Brifieng
K3, bersih-bersih gudang, dilanjutkan
MDT Meeting( Multi Disiplin Tim) dengan pihak client (Danone), memasang
passed warna untuk identitas produk yang baru masuk atau siap
didistribusikan, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik gudang
dengan system)
|
23/12/2014
|
Inventory
|
Brifieng
K3, bersih-bersih gudang, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik
gudang dengan system), menempel putway label (identitas barang inbound),
re-packing produk yang rusak atau bocor.
|
IV.
PERMASALAHAN YANG
DIHADAPI
Berikutpermasalahan yang
dihadapiMahasiswa D1 Distribution & Delivery selamakegiatanKerjaPraktekLapangan:
a. Kekuranganstok pallet
sedangkanmasihbanyakbarang (Produk
Mizone) yang belummasukkegudang
b. CO Inbound maka barang (produk danone) dialihkankekedepjika terjadi overload digudangxwhcibinong.
c. Terjadinyapenumpukanbarangdidalamgudang
(tidakterlaluparah), karenaperbandinganantara outbound dan inbound
tidakseimbang
LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1
DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN DESEMBER S/D JANUARI
TAHUN 2014
Untuk
kegiatan selanjutnya Mahasiswa D1 Logistik: Distribusi dan Pengiriman akan
ditempatkan di Cito pusat untuk mengikuti kegiatan Kurir dan Kargo Service,
berikut jadwal kerja dan uraian kerja yang ada di Cito pusat:
LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1
DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN JANUARI S/D FEBRUARI
TAHUN 2014
Kesimpulan serta alur dari kegiatan CitoXpress dipusat :
Pick Up
Uaraiankerja:Berikut jenis-jenis service di CitoXpress
-
Top Urgent
-
Urgent
-
Normal
1.
Menerima order pick up dari
a.
Pick Up harianatau
daily mengikutijadwal yang telahdisepakatiolehcitoxpressdanpihakpelanggan
b.
Pick Up
tidakterjadwalmengikuti order via telepondan email serta media
komunikasilainnya.
2.
Staf admin mencatat order pick up di log book sertamenginput di system DMS.
3.
Staf admin menginformasikan order pick up kesupirataukurir pick up.
4.
Supirataukurir pick up menerimakirimandaripelanggandanmelakukan:
a. Menghitungjumlahkiriman
b. Mengkonfirmasiisikiriman,
tujuan, jenislayanan (packing danasuransi)
c. Mengisi
form serahterimadenganjelas, lengkap, dantepatsertamenyerahkanlembarputih kepelanggansebagaibukti.
5. Supirataukurir pick
up mengaturpenempatankiriman pick up
dikendaraandenganmemperhatikankeselamatandankeamanankiriman.
6. Supirataukurir pick up menyerahkankirimankeedkpbesertatandaterimadanrekapan
pick up.
7. Supirataukurir pick up
melaporkanrekap pick up di hati yang samakespv pick up
jikaterjadimasalahdilapangan.
EDKP
Uraiankerja:
1. Stafedkpmenerimakirimandari:
a. Team pick up dan,
b. Pelanggan yang datingkekantorcitolangsung.
2. Stafedkpmencatatkiriman pick up di
log book.
3.
Stafedkpmembagikirimansesuaidengantandaterimadanpermintaanpelangganseperti:
a. Kirimandipacking
b. Kirimantidakdipacking
4. Stafedkpmenimbangberatataumengukurvolumetrickiriman (PxLxT)
5. Stafedkpmengentrykirimanke system DMS
berdasarkan:
a. Namapenerima
b. Alamatpenerima (jalan,no,rt,rw,blok) secaralengkapdankotatujuanakhir.
c. Serta jenislayanan (normal,urgent,atau top urgent).
6. Stafedkpmencetak connote
(tandaterima) untukkiriman yang belumdisertai connote.
7. Stafedkpmenyerahkankirimanbeserta
connote ketimsortirsiang, malamdantimkhusus.
Sortir
Uraiankerja:
1.
Stafsortirmenerimakirimandaritimedkpsertatandaserahterima.
2. Tim sortirmembagikirimanke:
a. wilayah Jakarta
b. wilayahjabodetabek
c. kirimanwilayah transit
d. kiriman internal cito
3.
Stafsortirmelakukanserahterimakirimandengancaramembarcode connote
kirimanintracitykestaf admin delivery.
Outbound
Uraiankerja:
1. Staf outbound menerimakirimanserta
connote daritimedkp halim.
2. Staff outbound
melakukanpengecekankirimandankoliberdasarkanserahterima.
3. Staf outbound
melakukansortirkirimanperwilayah domestic
4. Staf outbound membuat manifest
denganmembarcode connote untukkiriman domestic.
5. Staf outbound melakukan bagging atau
packing (koliluar) danmenulistujuancabangatauagen.
6. Staf outbound
melakukanserahterimadengandilengkapibuktiserahterima(sesuaitujuan):
a. Trucking (via daratlintasjawa)
b. Traffic (via udara)
c. Citopusat
Traffic
Uraiankerja:
Pengiriman via udara
1. Melakukanreservasi SMU (SuratMuatanUdara).
2. Menerbitkan SMU
pertujuansesuaidenganjumlahdanberatkolikiriman
3. Melakukan labeling padakolikiriman .
Prosedurepemberangkatandibandara cargo
1. Staff traffic menerimainformasidaripetugas
yang beradadigudangbandaramasdanmelakukan
reservasi untuk kiriman non garuda.
2. Staff tafficmenerima SMU
darisopirdanmelaporkankegudang cargo untukkonfirmasipemberangkatan
3. Staf traffic besertasopirmenyerahkandanmenerimakembalikolikiriman
di RA (Regulated Agent) X-ray
4. Staf Traffic
menyerahkankolikirimankepetugasgudang cargo sesuai SMU
5. Staff traffic
memastikankeberangkatankiriman.
6. Staff traffic
melaporkankeberangkatankirimankepada manager, kantorcabangdanagen viateleponatau email.
7. Staf traffic
memastikankirimansudahtibadilokasitujuandenganlengkapdanbaik
Intracitykhusus
Uraiankerja:
1. Briefing
mengenaialurkerja di intracitykhusus
2. Intracitykhususmencakupkiriman
Top Urgent , Top PP, dan Shuttle
3. Spvintracitykhususmenerimakirimandaribagian
EDKP danmemasukannyakedalamlokermasing-masingkurirsesuaiwilayah
4. Kurirmengambilkirimandaridalamlokersepengetahuan
supervisor danmembuatrunsheet
5. Kuririntracitykhususmelakukanpengirimandengandua
cycle
(waktu)yaitupengiriman cycle pertama jam 08:00 dan cycle kedua jam 14:00,
jugatersedia cycle ketiga (back up) jam 15:00
6. Ada
juga kurir shuttle merupakankurir yang ditempatkan di kantorpelanggan
Top Urgent
domestikdapatdilakukan via bandara, travel, dankereta
Intracity Reguler
Uraian
kerja:
1. Briefing
mengenaialurkegiatankerja di intracity
regular
2.
Spvintracitykhususmenerimakirimandaribagian
EDKP danmemasukannyakedalamlokermasing-masingkurirsesuaiwilayah
3. Entry data
penerimakiriman yang tertera di connote yang sukseskedalamsistem (nama, status,
dantanggalterima)
4.
Melakukanpengecekkanrunsheetkurirdanmengkalkulasijumlahkiriman
yang sukses, KU (kirimUlang), dan Reject serta Urgent dan Customer khusus (AAB)
Administrasi
Operasional (POD)
Uraian kerja:
Briefing mengenai
ruang lingkup serta alur kerja kerja
divisi POD, melakukan runsheet conot dengan menggolongkan berdasarkan bulan dan
nama pelanggan secara urut, melakukan tracing untuk data pelanggan yang lolos
listing serta mencari nama penerima di lembar runsheet di divisi intracity
reguler, melakukan listing POD dengan mencantumkan nama penerima dari hasil
tracing.
V.
Penutup
Kesimpulan dari semua
kegiatan Tugas Belajar di CitoXpress adalah bahwa untuk semua alur proses
kegiatan Kurir, Kargo, dan Logistik telah memenuhi standar SOP (Standard
Operational Prosedure), serta untuk saran yang perlu ditindak lanjuti adalah
para pegawai yang berada di CitoXpress harus lebih peduli lagi untuk menerapkan
serta melakukan standar SOP yang ditetapkan perusahaan agar tidak terjadi
kesalahan pada saat melakukan pekerjaan.
Penanggung Jawab (PIC) Jakarta,
26 Februari 2015
Icclesia R
Komentar
Posting Komentar
Alkitab dan Logistik