Belajar Ilmu Pengetahuan 5R/5S
Pengertian
5R
Definisi 5R adalah
cara (metode) untuk mengatur dan mengelola tempat kerja menjadi
tempat yang lebih baik secara
berkelanjutan. Penerapan 5R bertujuan untuk
meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan kualitas di tempat kerja. Dalam
perusahaan jasa seperti PT. CitoSarana JasaPratama penerapan 5R sangat penting
karena dapat memberi kanyamanan dalam bekerja.
Manfaat penerapan 5R (5S) di tempat kerja
yaitu :
1. Meningkatkan produktivitas dalam bekerja karena
pengaturan tempat kerja yang lebih efisien.
2. Meningkatkan kenyamanan kerja karena tempat kerja
selalu bersih dan menjadi luas/lapang.
3. Mengurangi resiko barang bahaya di tempat kerja karena
kualitas tempat kerja yang bagus/baik.
4.
Menambah
penghematan tempat kerja karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat
kerja.
Terdapat
5 langkah dalam penerapan 5R (5S) di tempat kerja yaitu :
1. Ringkas
Kemampuan memisahkan
atau memilah dan menyingkirkan barang yang tidak perlu di dalam ruangan tempat
kerja. Intinya hanya barang yang masih dapat digunakan sedangkan yang tidak
bisa digunakan kembali sebaiknya dibuang atau dihancurkan dengan alat destroyed,
tujuan untuk ringkas dalam lingkup pekerjaan adalah tidak terlalu menumpuk
barang yang sudah tidak digunakan atau tidak terpakai kembali. Contoh penerapan
Ringkas dalam ruang kantor adalah :
§
Jika ada kertas atau
beberapa dokumen yang sudah tidak terpakai sebaiknya dibuang tapi dengan cara
dihancurkan dengan alat destroyed jika dokumen itu bersifat penting.
§
Odner atau file besar
yang untuk menyimpan dokumen penting sebaiknya diringkas pada tempat yang mudah
terjangkau bila masih diperlukan dan apabila sudah tidak digunakan sebaiknya
odner dibuang atau di daur ulang kembali
2. Rapi
Mengatur dan menyususn
tata letak peralatan dan perlengkapan di lingkungan kerja agar selalu siap
apabila ada saatnya diperlukan. Menata barang dan mengatur agar tidak terjadi
berantakan atau lupa menaruh barang, untuk merapikan barang perlu adanya
pengelompokan, persiapan tempat, tanda lokasi, kode barang dan denah lokasi.
Contoh penerapan Rapi dalam ruang kantor yaitu :
§
Peralatan kantor
seperti alat tulis dan kertas sebaiknya disusun rapi pada sebuah rak atau laci
kantor.
§
RTK (Rumah Tangga
Kantor) sebaiknya ada tempat lemari khusus untuk menyimpan
§
Dokumen kantor yang
penting ada di laci atau lemari kantor agar tidak menumpuk dan berantakan di
meja kantor
3. Resik
Membersihkan
tempat kerja dan selalu senantiasa melaksanakan kebersihan di lingkungan tempat
kerja. Membersihkan tempat kerja dari sampah sangatlah penting karena akan
membuat nyaman dalam bekerja bila tidak ada sampah atau kotoran di tempat
kerja, adapun langkah Resik yaitu : sarana kebersihan, pembersihan, peremajaan,
pelestarian. Contoh penerapan Resik
sebagai berikut :
§
Dalam hal Resik
tidak hanya karyawan OB yang menjaga kebersihan, begitu pula para karyawan yang
bekerja juga harus menjaga kebersihan lingkugan kerja.
- Selalu bersihkan lingkungan kerja, termasuk lantai, dinding, atap, tiang, mesin.
- Lakukan usaha untuk mencegah timbulnya kotoran di area kerja dengan melakukan kontrol menggunakan checksheet, patrol berkala.
4.
Rawat
Adanya
upaya agar terus mempertahankan serta menjaga Ringkas, Rapi dan Resik. Menjaga
atau merawat alat serta material yang ada di tempat kerja sebagaimana digunakan
semestinya. Inti dari Rawat agar kita selalu menjaga dan merawat serta
menerapkan keadaan resik, rapi, dan ringkas. Contoh penerapan Rawat yaitu :
§ Melakukan pemeriksaan ruangan kantor secara berkala mulai
dari kebersihan tempat kerja dan kerapihannya.
§
Membuat standard
penilaian tentang ruangan kerja yang telah menerapkan 5 R seperti kerapihan dan
perawatan tempat kerja.
§
Selalu melakukan
pembaruan dalam tempat kerja mulai dari kerapihan dan kebersihan.
5.
Rajin
Dalam
menerapkan 5 R harus selalu dijadikan suatu kebiasaan baik agar terciptanya
kenyamanan dalam lingkungan tempat kerja. Adapun langkah agar tetap Rajin yaitu
penetapan target, contoh atasan, pembinaan karyawan, dan kesempatan belajar. Contoh penerapan Rajin di tempat kerja :
§
Membuat
checklist pada form untuk aktivitas di tempat kerja yang berhubungan dengan 5
R.
§
Membiasakan diri
untuk taat pada 5 R untuk kenyamanan dan kelancaran dalam bekerja.
§
Menerapkan 5 R
untuk kemudahan bekerja dan memiliki kemauan untuk tetap menjaga dan
mempertahankan slogan 5 R.
Komentar
Posting Komentar
Alkitab dan Logistik