Belajar Ilmu Pengetahuan 5R/5S



Pengertian 5R
Definisi 5R adalah cara (metode) untuk mengatur dan mengelola tempat kerja menjadi tempat  yang lebih baik secara berkelanjutan. Penerapan 5R bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan kualitas di tempat kerja. Dalam perusahaan jasa seperti PT. CitoSarana JasaPratama penerapan 5R sangat penting karena dapat memberi kanyamanan dalam bekerja.


 Manfaat penerapan 5R (5S) di tempat kerja yaitu :
1.      Meningkatkan produktivitas dalam bekerja karena pengaturan tempat kerja yang lebih efisien.
2.      Meningkatkan kenyamanan kerja karena tempat kerja selalu bersih dan menjadi luas/lapang.
3.      Mengurangi resiko barang bahaya di tempat kerja karena kualitas tempat kerja yang bagus/baik.
4.      Menambah penghematan tempat kerja karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.

Terdapat 5 langkah dalam penerapan 5R (5S) di tempat kerja yaitu :
1.   Ringkas
Kemampuan memisahkan atau memilah dan menyingkirkan barang yang tidak perlu di dalam ruangan tempat kerja. Intinya hanya barang yang masih dapat digunakan sedangkan yang tidak bisa digunakan kembali sebaiknya dibuang atau dihancurkan dengan alat destroyed, tujuan untuk ringkas dalam lingkup pekerjaan adalah tidak terlalu menumpuk barang yang sudah tidak digunakan atau tidak terpakai kembali. Contoh penerapan Ringkas dalam ruang kantor adalah :
§  Jika ada kertas atau beberapa dokumen yang sudah tidak terpakai sebaiknya dibuang tapi dengan cara dihancurkan dengan alat destroyed jika dokumen itu bersifat penting.
§  Odner atau file besar yang untuk menyimpan dokumen penting sebaiknya diringkas pada tempat yang mudah terjangkau bila masih diperlukan dan apabila sudah tidak digunakan sebaiknya odner dibuang atau di daur ulang kembali
2.   Rapi
Mengatur dan menyususn tata letak peralatan dan perlengkapan di lingkungan kerja agar selalu siap apabila ada saatnya diperlukan. Menata barang dan mengatur agar tidak terjadi berantakan atau lupa menaruh barang, untuk merapikan barang perlu adanya pengelompokan, persiapan tempat, tanda lokasi, kode barang dan denah lokasi. Contoh penerapan Rapi dalam ruang kantor yaitu :
§  Peralatan kantor seperti alat tulis dan kertas sebaiknya disusun rapi pada sebuah rak atau laci kantor.
§  RTK (Rumah Tangga Kantor) sebaiknya ada tempat lemari khusus untuk menyimpan
§  Dokumen kantor yang penting ada di laci atau lemari kantor agar tidak menumpuk dan berantakan di meja kantor
3.   Resik
Membersihkan tempat kerja dan selalu senantiasa melaksanakan kebersihan di lingkungan tempat kerja. Membersihkan tempat kerja dari sampah sangatlah penting karena akan membuat nyaman dalam bekerja bila tidak ada sampah atau kotoran di tempat kerja, adapun langkah Resik yaitu : sarana kebersihan, pembersihan, peremajaan, pelestarian. Contoh penerapan Resik sebagai berikut :
§  Dalam hal Resik tidak hanya karyawan OB yang menjaga kebersihan, begitu pula para karyawan yang bekerja juga harus menjaga kebersihan lingkugan kerja.
  • Selalu bersihkan lingkungan kerja, termasuk lantai, dinding, atap, tiang, mesin.
  • Lakukan usaha untuk mencegah timbulnya kotoran di area kerja dengan melakukan kontrol menggunakan checksheet, patrol berkala.
4.   Rawat
Adanya upaya agar terus mempertahankan serta menjaga Ringkas, Rapi dan Resik. Menjaga atau merawat alat serta material yang ada di tempat kerja sebagaimana digunakan semestinya. Inti dari Rawat agar kita selalu menjaga dan merawat serta menerapkan keadaan resik, rapi, dan ringkas. Contoh penerapan Rawat yaitu :
§  Melakukan pemeriksaan ruangan kantor secara berkala mulai dari kebersihan tempat kerja dan kerapihannya.
§  Membuat standard penilaian tentang ruangan kerja yang telah menerapkan 5 R seperti kerapihan dan perawatan tempat kerja.
§  Selalu melakukan pembaruan dalam tempat kerja mulai dari kerapihan dan kebersihan.
5.   Rajin
Dalam menerapkan 5 R harus selalu dijadikan suatu kebiasaan baik agar terciptanya kenyamanan dalam lingkungan tempat kerja. Adapun langkah agar tetap Rajin yaitu penetapan target, contoh atasan, pembinaan karyawan, dan kesempatan belajar. Contoh penerapan Rajin di tempat kerja :
§  Membuat checklist pada form untuk aktivitas di tempat kerja yang berhubungan dengan 5 R.
§  Membiasakan diri untuk taat pada 5 R untuk kenyamanan dan kelancaran dalam bekerja.
§  Menerapkan 5 R untuk kemudahan bekerja dan memiliki kemauan untuk tetap menjaga dan mempertahankan slogan 5 R.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Pemanfaatan IT dalam Perusahaan

Tata Cara Puasa dalam Agama Kristen

Setting dalam MS. Outlook