Pengertian 5S/5R
Pengertian
5R
Definisi 5R adalah cara (metode) untuk
mengatur dan mengelola tempat kerja menjadi tempat yang lebih baik secara berkelanjutan. Penerapan 5R bertujuan untuk
meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan kualitas di tempat kerja. Dalam
perusahaan jasa seperti PT. CitoSarana JasaPratama penerapan 5R sangat penting
karena dapat memberi kanyamanan dalam bekerja.
Manfaat penerapan 5R (5S) di tempat kerja
yaitu :
1. Meningkatkan produktivitas dalam bekerja karena
pengaturan tempat kerja yang lebih efisien.
2. Meningkatkan kenyamanan kerja karena tempat kerja
selalu bersih dan menjadi luas/lapang.
3. Mengurangi resiko barang bahaya di tempat kerja karena
kualitas tempat kerja yang bagus/baik.
4.
Menambah penghematan tempat
kerja karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.
Terdapat
5 langkah dalam penerapan 5R (5S) di tempat kerja yaitu :
1. Ringkas
Kemampuan memisahkan
atau memilah dan menyingkirkan barang yang tidak perlu di dalam ruangan tempat
kerja. Intinya hanya barang yang masih dapat digunakan sedangkan yang tidak
bisa digunakan kembali sebaiknya dibuang atau dihancurkan dengan alat destroyed,
tujuan untuk ringkas dalam lingkup pekerjaan adalah tidak terlalu menumpuk
barang yang sudah tidak digunakan atau tidak terpakai kembali. Contoh penerapan
Ringkas dalam ruang kantor adalah :
§ Jika
ada kertas atau beberapa dokumen yang sudah tidak terpakai sebaiknya dibuang
tapi dengan cara dihancurkan dengan alat destroyed jika dokumen itu bersifat
penting.
§ Odner
atau file besar yang untuk menyimpan dokumen penting sebaiknya diringkas pada
tempat yang mudah terjangkau bila masih diperlukan dan apabila sudah tidak
digunakan sebaiknya odner dibuang atau di daur ulang kembali
2. Rapi
Mengatur dan menyususn
tata letak peralatan dan perlengkapan di lingkungan kerja agar selalu siap
apabila ada saatnya diperlukan. Menata barang dan mengatur agar tidak terjadi
berantakan atau lupa menaruh barang, untuk merapikan barang perlu adanya
pengelompokan, persiapan tempat, tanda lokasi, kode barang dan denah lokasi.
Contoh penerapan Rapi dalam ruang kantor yaitu :
§ Peralatan
kantor seperti alat tulis dan kertas sebaiknya disusun rapi pada sebuah rak
atau laci kantor.
§ RTK
(Rumah Tangga Kantor) sebaiknya ada tempat lemari khusus untuk menyimpan
§ Dokumen
kantor yang penting ada di laci atau lemari kantor agar tidak menumpuk dan
berantakan di meja kantor
3. Resik
Membersihkan tempat kerja dan selalu senantiasa melaksanakan kebersihan
di lingkungan tempat kerja. Membersihkan tempat kerja dari sampah sangatlah
penting karena akan membuat nyaman dalam bekerja bila tidak ada sampah atau
kotoran di tempat kerja, adapun langkah Resik yaitu : sarana kebersihan,
pembersihan, peremajaan, pelestarian. Contoh penerapan Resik sebagai berikut :
§ Dalam hal Resik tidak hanya karyawan OB yang menjaga
kebersihan, begitu pula para karyawan yang bekerja juga harus menjaga
kebersihan lingkugan kerja.
- Selalu bersihkan lingkungan kerja, termasuk
lantai, dinding, atap, tiang, mesin.
- Lakukan usaha untuk mencegah timbulnya kotoran di
area kerja dengan melakukan kontrol menggunakan checksheet, patrol berkala.
4.
Rawat
Adanya upaya agar terus mempertahankan serta menjaga Ringkas, Rapi dan
Resik. Menjaga atau merawat alat serta material yang ada di tempat kerja
sebagaimana digunakan semestinya. Inti dari Rawat agar kita selalu menjaga dan
merawat serta menerapkan keadaan resik, rapi, dan ringkas. Contoh penerapan
Rawat yaitu :
§ Melakukan pemeriksaan ruangan kantor secara berkala
mulai dari kebersihan tempat kerja dan kerapihannya.
§ Membuat standard penilaian tentang ruangan kerja yang
telah menerapkan 5 R seperti kerapihan dan perawatan tempat kerja.
§ Selalu melakukan pembaruan dalam tempat kerja mulai
dari kerapihan dan kebersihan.
5.
Rajin
Dalam menerapkan 5 R harus selalu dijadikan suatu kebiasaan baik agar
terciptanya kenyamanan dalam lingkungan tempat kerja. Adapun langkah agar tetap
Rajin yaitu penetapan target, contoh atasan, pembinaan karyawan, dan kesempatan
belajar. Contoh penerapan Rajin di tempat kerja :
§ Membuat checklist pada form untuk aktivitas di tempat
kerja yang berhubungan dengan 5 R.
§ Membiasakan diri untuk taat pada 5 R untuk kenyamanan
dan kelancaran dalam bekerja.
§ Menerapkan 5 R untuk kemudahan bekerja dan memiliki
kemauan untuk tetap menjaga dan mempertahankan slogan 5 R.
Komentar
Posting Komentar
Alkitab dan Logistik