Tugas belajar (PKL) Semester 1




 









Di susun oleh:
Sabda Sunan Giandara (14821922)
2014/2015
Pendahuluan
A.    Dasar Pemikiran Kerja Praktek Lapangan
Kerja Praktek Lapangan merupakan kegiatan mahasiswa yang berlangsung di dunia kerja, serta sebagai bentuk implementasi dari program pendidikan dan program keahlian yang diperoleh langsung dari dunia kerja. Dengan Praktek Kerja Lapangan ini mahasiswa dapat membandingkan teori yang didapat didunia perkuliahan dengan pelaksanaan langsung didunia kerja, serta bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja.
B.    Profil Perusahaan



PT. Citosarana Jasapratama
Merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha layanan jasa Kurir, Kargo, Logistik. Bermula dari layanan antaran dalam kota dan terus berkembang sampai ke seluruh wilayah domestik Indonesia, PT. Citosarana Jasapratama dengan merek dagang CitoXpress kini menjadi Perusahaan berkelas di Indonesia.
Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun sejak Juni 1990, Citoxpress terus berkembang sampai saat ini dengan jaringan yang kuat tersebar di seluruh indonesia meliputi lebih dari 40 cabang/agen.
Visi CitoXpress untuk menjadi sepuluh besar perusahaan layanan jasa pengirimanpada 2015 membawa kami untuk berkomitmen pada misi melayani antaran tepat waktu dengan jaminan keamanan terbaik.
Komitmen kami pada pelanggan membawa kepercayaan dari sejumlah perusahaan besar ternama dan mitra kerja termasuk anda untuk mempercayakan pengiriman kurir kargo dan layanan logistik kepada CitoXpress.
Motto CitoXpress "Service Priority" selalu menuntun kami untuk menyadari bahwa layanan yang kami berikan turut andil dalam kesuksesan bisnis pelanggan sehingga melayani pelanggan menjadi suatu kehormatan dan kepercayaan yang harus di jaga.

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1 DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN NOVEMBER S/D DESEMBER TAHUN 2014
I.                 URAIAN PEKERJAAN
Kegiatan kerja praktek lapangan oleh Mahasiswa D1 Distribution & Delivery ditempatkan dibagian Logistik PT. Citosarana Jasapratama dengan project Danone dan setelah itu mahasiswa akan ditempat kan dibagian Kurir dan Kargo. Untuk kegiatan kerja di Logistik dibagi menjadi empat bidang pekerjaan, berikut uraian pekerjaan yaitu :
a.      Administrasi Warehouse

b.     Checker Inbound

c.      Checker Outbound

d.     Inventory

II.               WAKTU PELAKSANAAN
Dalam melaksanakan kegiatan kerja praktek lapangan mahasiswa telahdiberikan jadwal kerja sebagai upaya proses dari kegiatan yang dilakukan selama mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan, Mahasiswa D1 Distribusi dan pengiriman diharuskan masuk kerja mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore mulai hari senin sampai dengan sabtu. Berikut jadwal kerja Mahasiswa D1 Logistik: Distribusi dan Pengiriman
Time
Peserta PKL
Pembimbing
Planning kegiatanpeserta PKL
Week I
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
A Firdaus
A Firdaus
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
Checker Inbound
Checker Inbound
Admin warehouse
Checker Outbound
Inventory
Week II
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
Dani
Dani
Aris
Dani
Wikiy
Admin warehouse
Checker Outbound
Checker Outbound
Inventory
Admin Warehouse
Week III
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
Rahmat
A Firdaus
Tarmin
Tarmin
Wanto
Checker Outbound
Checker Inbound
Checker Inbound
Inventory
Checker Outbound
Week IV
Ismail .N
Paat .A.Z
Rohimah .M
Sukirman
Sabda .S.G
AndiLiani
AndiLiani
Tarmin
AndiLiani
Wanto
Inventory
Admin Warehouse
Checker Inbound
Admin Warehouse
Checker Outbound

Note : Untuk jadwal kegiatan diatas setiap minggunya para mahasiswa akan dirolling kegiatannya sesuai perintah dari ketua koordinasi logistik.
III.             Hasil Kegiatan/Pekerjaan 
Tanggal
Kegiatan peserta PKL
Kegiatan peserta PKL
17/11/2014
Kunjungan
Mengetahui jenis pelayanan logistic yang ada di perusahaan jasa CitoXpress
18/11/2014
Perkenalan
Perkenalandiri , Menentukan Pembelajaran dan Pembimbing sesuai dengan Kegiatan yang akan di pelajari
19/11/2014
Inventory
Perkenalan Barang Yang di kelola Oleh pt.CitoXpress, Check Brang Keluar Dan pencatatan Checklist Kendaraan yang melakukan bongkar muat
20/11/2014
Inventory
Melakukan penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi  sytem WMS,penempelan label putway
21/11/2014
Inventory
Penghitungan stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver
22/11/2014
Checker Inbound
Brifieng evaluasi kegiatan minggu kemarin, rencana kegiatan minggu depan, Checklist kendaraan inbound dan outbound
24/11/2014
Checker Outbound
Training safety, penempelan lebel, re-packing barang yang rusak, membersihkan gudang, Men-file form cycle count (jumlah stock barang gudang),
25/11/2014
Checker Outbound
Menyerahkan picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke operator forklift, menyerahkan surat jalan ke driver setelah barang sudah dibongkar muat, menempel putway label (identitas produk)
26/11/2014
Checker Outbound
Menyerahkan picking list by order (jenis produk dan lokasi gudang yang akan dimuat) ke operator forklift, mengisi checklist kendaraan outbound, memasang passed warna kuning dan merah,
27/11/2014
Chekker Outbound
Checklist kendaraan outbound, melakukan re-packing barang yang rusak, menempel passed warna kuning dan merah
28/11/2014
Checker Outbound
Membersihkan gudang, menempel passed warna merah dan kuning, menghitung cycle count (menghitung/mencocokan jumlah fisik gudang dengan system), menempel putway label(identitas produk), checklist kendaraan, input data wms menghitung pallet
29/11/2014
Outbound
Menempel putway label, memasang passed warna merah dan kuning, melakukan re-packing barang yang rusak, men-file form surat outbound sesuai owdner
01/12/2014
Admin Gudang
Input barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away list control, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan kuning, check list kendaraan outbound
02/12/2014
Admin Gudang
Menginput outbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan kuning
03/12/2014
Admin Gudang
Membuat point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul fajar
04/12/2014
Admin Gudang
Menempel putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning, input barang inbound dan outbound ke system data WMS
05/12/2014
Admin Gudang
Input barang inbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label, menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
08/12/2014
Admin Gudang
Input barang outbound by WMS, membuat picking list by order mengconfirm put away list control, input inbound ke WMS, menempel putway label (identitas barang), menulis form passed warna merah dan kuning, check list kendaraan outbound
09/12/2014
Admin Gudang
Menginput barang inbound ke WMS, confirm picking ke WMS, confirm dispatching, menempel putway label, menulis form passed warna merah dan kuning
10/12/2014
Admin Gudang
Membuat point of agreement(form surat jalan berdasarkan data SAP), menempel putway label, men-file form outbound dan inbound, training logistic bersama pak zul fajar
11/12/2014
Admin Gudang
Menempel putway label (identitas barang), memasang form passed warna merah dan kuning, input barang inbound dan outbound ke system data WMS
12/12/2014
Admin Gudang
Input barang outbound ke system WMS, checklist kendaraan, menempel putway label, menghitung cycle count (berdasarkan system dan data fisik barang di gudang)
13/12/2014
Inventory
Menghitung stok barang digudang (berdasarkan system WMS dan data fisik digudang), menulis form passed warna merah dan kuning, menempel putway label inbound sebagai identitas barang.
15/12/2014
Inventory
Briefing siang, bersih-bersih gudang, ceklist kendaraan yang akan dibongkar muat, menempel putway label (identitas produk danone), input inbound by system WMS
16/12/2014
Inventory
Check barang keluar outbound dan pencatatan Checklist Kendaraan yang melakukan bongkar muat, memasang passed untuk barang yang siap di distribusikan,membersihkan gudang
17/12/2014
Inventory
Melakukan penghitungan fisik di lapangan dan melakukan transfer lokasi  sytem WMS,penempelan label putway,input data outbound by WMS
18/12/2014
 Inventory
Penghitungan stock by location, penempelan label pased (informasi product), Checking inbound, Menyerahkan Surat jalan ke driver, input data inbound ke system by WMS
19/12/2014
Inventory
Mengirim E-mail untuk permintaan armada truk yang akan membawa produk danone dari gudang, menempel putway label untuk identitas barang inbound, menghitung cycle count (stock barang yang ada digudang)
20/12/2014
Inventory
Bersih-bersih gudang, memasang passed (informasi produk yang di distribusi), menghitung cycle count (stok barang yang ada digudang berdasarkan system WMS)
22/12/2014
Inventory
Brifieng K3, bersih-bersih gudang,  dilanjutkan MDT Meeting( Multi Disiplin Tim) dengan pihak client (Danone), memasang passed warna untuk identitas produk yang baru masuk atau siap didistribusikan, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik gudang dengan system)
23/12/2014
Inventory
Brifieng K3, bersih-bersih gudang, menghitung cycle count (perbandingan jumlah fisik gudang dengan system), menempel putway label (identitas barang inbound), re-packing produk yang rusak atau bocor.

IV.            PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Berikut permasalahan yang dihadapi Mahasiswa D1 Distribution & Delivery selama kegiatan Kerja Praktek Lapangan:
a.      Kekurangan stok pallet sedangkan masih banyak barang (Produk Mizone) yang belum masuk kegudang
b.     CO Inbound maka barang (produk danone) dialihkankekedepjika terjadi overload digudangxwhcibinong.
c.      Terjadinya penumpukan barang didalam gudang (tidak terlalu parah), karena perbandingan antara outbound dan inbound tidak seimbang

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1 DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN DESEMBER  S/D JANUARI TAHUN 2014
Untuk kegiatan selanjutnya Mahasiswa D1 Logistik: Distribusi dan Pengiriman akan ditempatkan di Cito pusat untuk mengikuti kegiatan Kurir dan Kargo Service, berikut jadwal kerja dan uraian kerja yang ada di Cito pusat:







LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KERJA PRAKTEK LAPANGAN
MAHASISWA D1 DISTRIBUTION & DELIVERY
BULAN JANUARI  S/D FEBRUARI TAHUN 2014
Kesimpulan serta alur dari kegiatan CitoXpress dipusat :
Pick Up
Uaraiankerja:Berikut jenis-jenis service di CitoXpress
-        Top Urgent
-        Urgent
-        Normal

1. Menerima order pick up dari
             a.          Pick Up harianatau daily mengikutijadwal yang telahdisepakatiolehcitoxpressdanpihakpelanggan
            b.          Pick Up tidakterjadwalmengikuti order via telepondan email serta media komunikasilainnya.
2. Staf admin mencatat order pick up di log book sertamenginput di system DMS.
3. Staf admin menginformasikan order pick up kesupirataukurir pick up.
4. Supirataukurir pick up menerimakirimandaripelanggandanmelakukan:
           a.     Menghitungjumlahkiriman
           b.     Mengkonfirmasiisikiriman, tujuan, jenislayanan (packing danasuransi)
           c.     Mengisi form serahterimadenganjelas, lengkap, dantepatsertamenyerahkanlembarputih kepelanggansebagaibukti.
5. Supirataukurir pick up mengaturpenempatankiriman pick up dikendaraandenganmemperhatikankeselamatandankeamanankiriman.
6. Supirataukurir pick up menyerahkankirimankeedkpbesertatandaterimadanrekapan pick up.
7. Supirataukurir pick up melaporkanrekap pick up di hati yang samakespv pick up jikaterjadimasalahdilapangan.
EDKP
Uraiankerja:
1. Stafedkpmenerimakirimandari:
a. Team pick up dan,
     b. Pelanggan yang datingkekantorcitolangsung.
2. Stafedkpmencatatkiriman pick up di log book.
3. Stafedkpmembagikirimansesuaidengantandaterimadanpermintaanpelangganseperti:
a. Kirimandipacking
      b. Kirimantidakdipacking
4. Stafedkpmenimbangberatataumengukurvolumetrickiriman (PxLxT)
5. Stafedkpmengentrykirimanke system DMS berdasarkan:
a. Namapenerima
b. Alamatpenerima (jalan,no,rt,rw,blok) secaralengkapdankotatujuanakhir.
c. Serta jenislayanan (normal,urgent,atau top urgent).
6. Stafedkpmencetak connote (tandaterima) untukkiriman yang belumdisertai connote.
7. Stafedkpmenyerahkankirimanbeserta connote ketimsortirsiang, malamdantimkhusus.
Sortir
Uraiankerja:
1. Stafsortirmenerimakirimandaritimedkpsertatandaserahterima.
2. Tim sortirmembagikirimanke:
a. wilayah Jakarta
b. wilayahjabodetabek
c. kirimanwilayah transit
d. kiriman internal cito
3. Stafsortirmelakukanserahterimakirimandengancaramembarcode connote kirimanintracitykestaf admin delivery.
Outbound
Uraiankerja:
1. Staf outbound menerimakirimanserta connote daritimedkp halim.
2. Staff outbound melakukanpengecekankirimandankoliberdasarkanserahterima.
3. Staf outbound melakukansortirkirimanperwilayah domestic
4. Staf outbound membuat manifest denganmembarcode connote untukkiriman domestic.
5. Staf outbound melakukan bagging atau packing (koliluar) danmenulistujuancabangatauagen.
6. Staf outbound melakukanserahterimadengandilengkapibuktiserahterima(sesuaitujuan):
a. Trucking  (via daratlintasjawa)
     b. Traffic (via udara)
     c. Citopusat
Traffic
Uraiankerja:
Pengiriman via udara
 1. Melakukanreservasi SMU (SuratMuatanUdara).
 2. Menerbitkan SMU pertujuansesuaidenganjumlahdanberatkolikiriman
 3. Melakukan labeling padakolikiriman .

Prosedurepemberangkatandibandara cargo
1. Staff traffic menerimainformasidaripetugas yang beradadigudangbandaramasdanmelakukan reservasi untuk kiriman non garuda.
2. Staff tafficmenerima SMU darisopirdanmelaporkankegudang cargo untukkonfirmasipemberangkatan
 3. Staf traffic besertasopirmenyerahkandanmenerimakembalikolikiriman di RA (Regulated Agent) X-ray
 4. Staf Traffic menyerahkankolikirimankepetugasgudang cargo sesuai SMU
 5. Staff traffic memastikankeberangkatankiriman.
 6. Staff traffic melaporkankeberangkatankirimankepada manager, kantorcabangdanagen via teleponatau email.
 7. Staf traffic memastikankirimansudahtibadilokasitujuandenganlengkapdanbaik
Intracitykhusus
Uraiankerja:
1.     Briefing mengenai alur kerja di intracity khusus
2.     Intracitykhususmencakupkiriman Top Urgent , Top PP, dan  Shuttle
3.     Spvintracitykhususmenerimakirimandaribagian EDKP danmemasukannyakedalamlokermasing-masingkurirsesuaiwilayah
4.     Kurir mengambil kiriman dari dalam loker sepengetahuan supervisor dan membuat runsheet
5.     Kurir intracity khusus melakukan pengiriman dengan dua cycle (waktu) yaitu pengiriman cycle pertama jam 08:00 dan cycle kedua jam 14:00, juga tersedia cycle ketiga (back up) jam 15:00
6.     Ada juga  kurir shuttle merupakan kurir yang ditempatkan di kantor pelanggan
Top Urgent domestik dapat dilakukan via bandara, travel, dan kereta
Intracity Reguler
Uraian kerja:
1.     Briefing mengenaialurkegiatankerja di  intracity regular
2.     Spvintracitykhususmenerimakirimandaribagian EDKP danmemasukannyakedalamlokermasing-masingkurirsesuaiwilayah
3.     Entry data penerimakiriman yang tertera di connote yang sukseskedalamsistem (nama, status, dantanggalterima)
4.     Melakukanpengecekkanrunsheetkurirdanmengkalkulasijumlahkiriman yang sukses, KU (kirimUlang), dan Reject serta Urgent dan Customer khusus (AAB)
Administrasi Operasional (POD)
Uraian kerja:
Briefing mengenai ruang lingkup serta alur  kerja kerja divisi POD, melakukan runsheet conot dengan menggolongkan berdasarkan bulan dan nama pelanggan secara urut, melakukan tracing untuk data pelanggan yang lolos listing serta mencari nama penerima di lembar runsheet di divisi intracity reguler, melakukan listing POD dengan mencantumkan nama penerima dari hasil tracing.
V.              Penutup
Kesimpulan dari semua kegiatan Tugas Belajar di CitoXpress adalah bahwa untuk semua alur proses kegiatan Kurir, Kargo, dan Logistik telah memenuhi standar SOP (Standard Operational Prosedure), serta untuk saran yang perlu ditindak lanjuti adalah para pegawai yang berada di CitoXpress harus lebih peduli lagi untuk menerapkan serta melakukan standar SOP yang ditetapkan perusahaan agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan pekerjaan.
Penanggung Jawab (PIC)                                      Jakarta, 26 Februari 2015


                        Icclesia R
Manager SDMSabda Sunan Giandara



Komentar

  1. Magang semester 1 poltek app logistik dan distribusi (SCM)
    Cito Xpress

    BalasHapus

Posting Komentar

Alkitab dan Logistik

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Pemanfaatan IT dalam Perusahaan

Tata Cara Puasa dalam Agama Kristen

Setting dalam MS. Outlook