Bisnis Logistik
EVALUASI ETIKA
BISNIS DAN PEMANFAATAN IT BESERTA SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH PT.TIKI JNE
EXPRESS
(Disusun Untuk
Memenuhi Tugas Pengantar Manajemen)
Dosen
Pembimbing:
Ahmad
Cahyo Nugroho, SPt. MM
Disusun
Oleh:
Jepri
Kurniawan (1482 1906)
Sukirman
(1482 1904)
Prasetyo
Abdul Jabar (1482 1918)
EVALUASI ETIKA KERJA
dan BISNIS
JNE Express merupakan salah satu bagian manajemen dari perusahaan
PT.TIKI JNE, perusahaan yang didirikan oleh H. Soeprapto Suparno tersebut
bernama PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa yang dikenal dengan JNE Express
pada tanggal 26 November 1990. Perusahaan ini memulai kegiatannya dengan delapan
karyawan dan modal 100 juta rupiah. Asal mula pusat kegiatan usahanya yaitu
penanganan kegiatan kepabean, impor kiriman barang, dokumen, serta
pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia. Nilai-nilai dasar yang dianut JNE
adalah jujur, adil, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan visioner. Sedangkan
filosofinya yaitu efektif, efisien, fleksibel, dan seimbang.
Tahun 1991, JNE Express memperluas jaringan internasional dengan
bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara
Asia (ACCA) yang bermarkas di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada
JNE Express untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia. Karena
persaingannya di pasar domestik sangat ketat, JNE Express juga memusatkan
memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya, JNE Express mendapat
keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE Express juga memperluas
pelayanannya dengan logistik dan distribusi.
1
Selama bertahun-tahun JNE Express berkembang menjadi perusahaan yang
punya arah sendiri. Karena itu menjadi saingan dan akhirnya JNE Express menjadi
perusahaan sendiri dengan manajemen diri sendiri dan mulai menghilangkan nama
TIKI dari penulisan nama perusahaan dan logo perusahaan. JNE Express
meluncurkan logonya sendiri pada tahun 2000 dan berpisah dari TIKI. JNE lalu
berusaha melakukan inovasi dengan memberikan layanan yang berbeda dengan TIKI.
Kesan awal, masyarakat menganggap layanan JNE lebih mahal dari yang lainnya.
Ini karena segemen yang dibidik memang segmen menengah keatas namun dengan
kualitas yang prima harga tentu akan menyesuaikan .
Pengembangan produk dan layanan yang berbeda di JNE antara lain
menyediakan jasa kurir, logistic, western union, kuliner hingga jasa trucking
and moving. Sebagai sister company dengan TIKI, secara etika bisnis, JNE
Express menghadapi kesulitan tidak boleh
beradu harga dan layanan dengan TIKI. Namun, ternyata industri pengiriman
berkembang dan pasarnya ikut membesar sehingga JNE Express tidak perlu berebut
pasar. Perlahan-lahan JNE Express menemukan banyak layanan baru yang tidak
terpikir sebelumnya.
JNE lalu membeli gedung pada tahun 2002 di Tomang Raya No.11 namun
baru selesai diresmikan tahun 2014 dan mendirikan JNE Express Operations
Sorting
2
Centers yang berada di Bandara Mas dan Puri Kembangan. Tahun 2004,
JNE membeli gedung baru yang merupakan kantor Sistem Informasi Teknologi JNE
Express yg terletak di Jl.S.Parman Jakarta Barat. Dari tahun ke tahun,
pertumbuhan bisnis JNE Express semakin baik, bahkan di atas rata-rata
pertumbuhan industri. Industri sendiri bertumbuh hanya sebesar 10% – 15%, namun
bisnis JNE Express tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Resep keberhasilan JNE
Express adalah dengan layanan 24 jam dan tidak mau menunggu konsumen. Lebih
baik, JNE Express menjemput bola. Kurir JNE Express langsung menjemput barang
ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan barang. Hanya dengan menelepon, kurir
pasti datang ke rumah.
JNE Express menganjurkan agar konsumen untuk mengansuransikan
barangnya untuk barang yang mempunyai nilai tinggi (HVS). JNE Express
berkomitmen memberikan layanan yang terbaik. Standar JNE Express, kalau sampai perusahaan
asuransi tidak membayar klaim sesuai hari yang ditentukan, JNE Express bersedia
menggantikan dengan membayar klaim konsumen. Bagi JNE Express, barang sampai
tujuan pelanggan adalah harga mati. Selain itu, hamper semua jaringan sudah
online. Ini memudahkan JNE Express dan pelanggan untuk mengawasi pengiriman
barang.
3
Satu lagi layanan inovatif dari JNE adalah
Pesona JNE. Pesona adalah pesanan oleh-oleh Nusantara.
Setiap orang bisa saling mengirimkan makanan khas daerah tertentu ke sanak
keluarga di daerah lain. Contoh, mau kasih oleh-oleh kerupuk bangka ke keluarga
di Jakarta. Anda cukup telepon Pesona JNE dan Pesona JNE akan carikan toko
kerupuk yang terkenal di Bangka dan segera dikirimkan. Bahkan, es krimpun bisa
dikirimkan melalui Pesona JNE.
Tidak sampai di situ, JNE banyak melakukan inovasi-inovasi unggul
lainnya. JNE sekarang membuka bisnis baru yakni trucking and moving Ini adalah
layanan pengiriman barang-barang kebutuhan pokok secara partai besar dan
layanan pindah rumah. Layanan trucking ini dilengkapi dengan GPS agar
terpantau. JNE Express juga bekerjasama dengan perusahaan pengiriman barang
International UPS. Konsumen bisa mengirimkan barang ke luar negeri lewat UPS
ini. Rencana selanjutnya, JNE Express berencana terjun ke bisnis surat-menyurat
di bawah 500 gram. Bisnis yang sebelumnya dimonopoli PT. Pos Indonesia, dengan
pencabutan aturan ini maka membuka peluang bagi JNE Express. JNE Express saat
ini tinggal menunggu aturan pemerintah yang mengatur soal bisnis ini. Saat ini
JNE Express didukung oleh lebih dari 9000 karyawan dan tidak kurang dari 3.500
gerai yang tersebar luas di Indonesia. Kehandalan JNE Express juga telah
dibuktikan dengan
4
diraihnya
berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan
yang telah diberikan. Layanan terbaik adalah harga mati bagi JNE Express. Karena
itu, sangat wajar kalau JNE mempunyai SDM yang handal. Bahkan departemen HRD
mempunyai empat divisi yaitu intelektual (berhubungan dengan pekerjaan),
training (bertugas untuk kegiatan outbound dan memberikan training), spiritual
(mengatur kegiatan keagamaan), dan fisikal (berhubungan dengan aktivitas
kebugaran badan karyawan).
Pelanggan selalu ingin tahu posisi barang yang dikirim berada di
mana? Dulu memang tidak bisa dilihat. ‘’Tapi sekarang dengan memaksimalkan
customer service, website dan telepon masalah itu dapat diatasi,” kata salah
satu pimpinan, saat penulis wawancara di sela-sela main Tenis Mena, saat ini
perusahaan jasa pengiriman lomba perang tarif untuk mendapatkan konsumen
sebanyak-banyaknya. Namun, pelayanan terhadap konsumen secara excellent
service. Peluang usaha jasa pengiriman barang masih cukup menjanjikan. Jika
digarap serius usaha bidang logistik itu mampu tumbuh 15%-20% per tahun.
Menurut salah satu pimpinan yang tidak mau disebutkan nama nya tersebut “industri
jasa pengiriman barang saat ini sekitar Rp7 triliun per tahun, sedangkan omzet
JNE Express mencapai Rp1.7 T Di semester pertama 2014 kemarin kita optimis
dapat memenuhi target 2,5 T.
5
PEMANFAATAN INFORMASI TEKNOLOGI
Seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang
semakin mutakhir system online adalah system
yang harus diterapkan dalam sebuah perusahaan, hal ini untuk memanjakan
kepuasan customer perusahaan namun dengan kecanggihan teknologi system tersebut
bukan tanpa kelemahan, beberapa kasus terjadi apabila server system mengalami
kendala teknis paket atau dokumen akan
mengalami kendala hebat hal ini akan mempengaruhi pengiriman dan berdampak
besar pada hilangnya paket atau dokumen
atau paket atau dokumen menjadi tidak terkontrol. Perusahaan JNE Express
mengunakan system aplikasi online yang bernama Orion Aplication yang mana dalam
aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan seluruh jaringan kantor pusat kantor
cabang kantor perwakilan sampai dengan kantor agen resmi yang telah bekerja
sama dengan JNE Express dan seluruh customer dapat menggunakan system ini
melalui website resmi JNE Express atau bisa juga melalui JNE Apilcation yang
tersedia di Android Google Play dan Apple Store yang dapat diunduh dengan
gratis, system aplikasi ini merupakan system canggih yang dimiliki oleh
perusahaan jasa yang berada di Indonesia dengan kekuatan bandwidth yang sangat
besar diprediksi setiap hari mampu mengakomodasi kurang lebih 100 juta data
kiriman setiap harinya.
6
Namun dengan kecanggihan teknologi dalam system online Orion
Apilcation seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak” tentu teknologi
dalam system teknologi aplikasi ini masih banyak kekuragannya. Permasalah
teknis ini terus menerus akan diperbaiki dengan perekrutan tenaga ahli IT dan
progamer yang berkompenten di bidangnya perusahaan optimis setiap permasalahan
system Informasi Teknologi online akan dapat diatasi dengan cepat.
7
SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Perusahaan
JNE Express merupakan perusahaan yang familiar dikalangan masyarakat Indonesia,
setiap ada kebutuhan kirim paket ataupun dokumen mindset masyarakat lamgsung
tertuju kepada JNE Express
Sebuah
sistem keputusan yang berlaku di JNE, yaitu model dari sistem dengan mana
keputusan diambil, dapat tertutup atau terbuka. Sistem keputusan tertutup
menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukan yang tidak diketahui dari
lingkungan dengan kriteria dan hasil yang harus diketahui semua pihak terkait
dengan cara:
1.Mengetahui semu direksi, komisaris dan semua akibat atau hasilnya masing masing
2.Memiliki metode yang memungkinkan dia membuat urutan kepentingan semua alternatif.
3.Memilih alternatif yang memaksimalkan sesuatu, misalnya laba, volume penjualan/kegunaan.
4.Tidak
mengetahui semua alternatif dan semua hasil keputusan yang telah ditetapkan
8
5.Melakukan
pencarian secara terbatas untuk menemukan beberapa alternatif yang memuaskan
karyawan dan seluruh jajaran perusahaan
6.Mengambil suatu keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya
6.Mengambil suatu keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya
Perusahaan
JNE Express merupakan perusahaan yang
akan Go Publik pada 2015 dewasa ini dan perusahaan JNE Express sedang
dilirik investor asing yang ingin menanamkan modalnya untuk JNE Express
sedikitnya dua investor dari dua Negara Asia yakni Singapura dan Korea Selatan
disinyalir tertarik untuk membeli saham mayoritas namun dengan system pengambilan
keputusan segenap komisaris dan direksi yang menyimpulkan untuk menolak rencana
akuisisi tersebut karena pihak investor asing menginginkan memegang saham
mayoritas minimal 50+1% namun pihak direksi komisaris dan segenap pimpinan JNE
Express tetap ingin memegang saham terbesar dan inging menjadi tuan rumah di
negri sendiri.
JNE
Express merupakan salah satu perusahaan dalam negri yang selalu tunduk dan
mengimplementasikan peraturan pemerintah berdasarkan undang-undang yang berlaku
diantara adalah memberikan UMR (Upah Minimum Regional) dan pengangkatan status
karyawan apabila berdasarkan UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan
tersebut telah memenuhi syarat untuk menjadi karyawan dan perusahaan akan
memberikan seluruh hak daripada seluruh karyawan,
9
dua hal krusial diatas nampaknya
masih sulit untuk dilakukan untuk beberapa perusahaan yang berada di tanah air,
tentu ini menjadikan sebuah tantangan untuk seluruh pihak terkait baik itu
pemerintah, buruh dan pengusaha agar sebuah perusahaan dapak
mengimplementasikan UU Ketenagakerjaan tersebut.
Setiap
keputusan besar yang diambil yang menyangkut masa depan ataupun masa kini
perusahaan sangat diperhatikan oleh manajemen tentu ini sangat dilakukan dengan
proses kehati-hatian dan perhitungan yang matang agar manajemen tidak salah
dalam pengambilan keputusan yang mana keputusan tersebut menyangkut hidup orang
banyak, keputusan tersebut harus diketahui dan disetujui minimal 2/3 komisaris
dan direksi dengan cara musyawarah mufakat hal tersebut sesuai dengan
pengamalan Pancasila sila ke 4..
Seiring
dengan berlaku nya AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang berlaku 2015 manajeman JNE
Express telah mempersiapkan strategi brilliant untuk menghadapi pangsa pasar
ASEAN yang akan masuk ke dalam pasar Indonesia, tak bisa dipungkiri Indonesia
merupakan pasar kurir dan logistic yang empuk bagi para pelaku bisnis kurir dan
logistic Negara-negara ASEAN tentu ini tak akan luput dalam kacamata elang
manajemen JNE Express.
10
strategi
khusus dari JNE Express tersebut tentunya tak akan semuanya diungkapkap namun
secara umum JNE Express sedini mungkin telah melakukan pembenahan dari seluruh
aspek stakeholder diataranya adalah kedisiplinan, kecepatan, ketelitian dan
harga yang bersaing dengan pelaku bisnis delievery kurir dan logistik
Secara
umum JNE memiliki keunggulan dengan brand yang begitu besar dan mindset
masyarakat yang begitu terasa serta mindset yang berbanding lurus dengan
perkembangan system teknologi informasi dan internet tentu beberapa keunggullan
ini akan memeperluas pasar masyarakat untuk terus dan terus menggunakan jasa
pengiriman JNE Express.
Dengan adanya beberapa keuntungan
diatas jika tidak dibarengi dengan layanan customer yang prima tentu akan
menjadi boomerang pagi perusahaan dengan adanya harapan customer bahwa jasa
pengiriman JNE Express merupakan perusahaan jasa yang dapat dihandalkan paling
cepat, paling aman dan dapat dipercaya ini merupakan sebuah tantangan bagi
stakeholder perusahaan untuk kerja kerja dan keja lebih keras lagi untuk
mewujudkan layanan yang prima demi kepuasan customer karena bagi JNE Express
Kepuasan customer adalah segalanya.
Layanan customer terus ditingkatkan
dan seiring dengan pengguna internet yang terus naik manajemen perusahaan JNE
Express optimistis mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam pasar bebas AFTA
2015 kelak.
11
Perusahaan
JNE Express selalu berinovasi untuk terus memanjakan kepuasan pelanggan
baru-baru ini melaui meeting segenap direksi dan komisaris peruusahaan JNE
Express meluncurkan produk baru yakni:
1.
Jasa pengataran ASI (Air Susu Ibu) yang
bernama ‘’JESIKA JNE’’
Berdasarkan
analisis segenap manajemen pangsa pasar ini sangat menjajikan yang mana zaaman
sekarang begitu banyak wanita karir yang berada di Indonesia terurtama kota-kota
besar tanah air, hal tersebut tentu menjadi peluang yang sangat besar untuk
berbisnis jasa pengantaran ASI.
2.
Jasa penyedia kuliner seluruh nusantara
atau lebih dikenal dengan nama Pesanan oleh-oleh nusantara atau ‘’PESONA JNE’’
Dimana seluruh
customer setia JNE dapat membeli oleh-oleh ataupun memesan makanan khas daerah
melalui situs website PESONA JNE, ini merupakan sebuah terobosan baru cara
berbelanja yang mudah unik dan menyenangkan untuk customer setia JNE Express
Inovasi yang
terus dilakukan JNE Express tentu sangat memperhatikan beberapa aspek dalam
pengambilan keputusan, dalam membuat keputusan tidaklah semudah membalikkan telapak
tangan karena keputusan yang diambil akan melibatkan pemimpinan perusahaan,
karyawan, serta lingkungan.
12
Uraian
berikut ini merupakan penjelasan yang pemimpin JNE Express dalam mengembangkan
kemampuannya dalam membuat keputusan:
a.
Tidak Emosional
Selama
Pimpinan JNE Express masih merasa ragu-ragu, belum mengetahui dengan pasti apa
yang dikehendaki Tuhan, jangan mengambil keputusan. Jangan pula membuat keputusan bila emosi Anda dalam
keadaan yang labil, terburu-buru.
b. Keputusan Jelas dan Tegas
b. Keputusan Jelas dan Tegas
Keputusan yang diambil
oleh seorang pimpinan JNE Express, harus senantiasa tegas dan jelas, tidak
membuat orang lain merasa bingung. Selalu ada kemungkinan bahwa ada orang lain
yang tidak dapat menerima keputusan yang jelas dan tegas itu. Oleh karena itu,
sebelum mengambil keputusan pimpinan membuat sebuah perhitungan yang matang,
analisa yang tepat, dan evaluasi yang objektif. Biasanya, pemimpin sudah
memiliki gambaran tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi karena
keputusan itu dan itulah alasan mengapa ada sasaran yang jelas yang akan dituju
oleh keputusan itu.
Selanjutnya, penting untuk memberikan kesempatan pada orang lain untuk melahirkan dan mengemukakan pendapat dan pemikirannya, meskipun Pimpinan JNE Express telah membuat perhitungan tentang keputusan akhir.
Selanjutnya, penting untuk memberikan kesempatan pada orang lain untuk melahirkan dan mengemukakan pendapat dan pemikirannya, meskipun Pimpinan JNE Express telah membuat perhitungan tentang keputusan akhir.
13
c. Keputusan Terarah dengan Keputusan Tunggal yang Jelas
Keputusan yang tunggal,
namun luas selalu lebih efektif dalam menggerakkan orang-orang yang dipimpin oleh
pimpinan JNE Express. Pimpinan tidak membuat keputusan dengan bermacam-macam
tujuan yang kecil. Karena dengan banyaknya tujuan akan merepotkan orang yang
dipimpin. Mereka akan merasa bingung untuk menentukan tujuan mana yang harus
dicapai terlebih dahulu. Lebih buruk lagi bila tiap-tiap orang yang dipimpin
memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang memilih tujuan A, ada yang ingin
mencapai tujuan B, dst. Tujuan yang tunggal dan luas itu lebih terarah, lebih
mempersatukan, dan lebih mendorong tiap orang untuk mencapai tujuan. Pimpinan
JNE Express yang dimotori oleh Mr.H.M Johari Zein adalah pemimpin yang memiliki
tujuan dan perkara yang besar. Kebesaran, kekuatan, dan kewibawaan seorang
pemimpin sangat dipengaruhi oleh luasnya gagasan yang dibawa oleh seorang
pemimpin yang mempunyai jiwa leadership.
d. Keputusan Sesuai dengan Skala Prioritas Perusahaan
Pimpinan JNE Express
selalu dihadapkan pada berbagai tugas dan kesibukan. Semuanya dirasakan penting
dan harus dikerjakan dengan baik. Namun, tidak mungkin seorang pemimpin dapat
melakukan semua tugasnya sekaligus dengan hasil yang sama baiknya.
14
Oleh karena itu,
diperlukan seorang yang menyusunnya sesuai prioritas. Prioritas dapat menolong
dan mempermudah kita dalam melaksanakan tugas secara teratur dan efektif serta
efisien. Menyusun prioritas bisa menjadi hal yang sulit. Adakalanya semua tugas
kelihatannya perlu diprioritaskan atau diutamakan. Namun, sebenarnya masih bisa menempatkan hal lain yang lebih
utama. Jika
pimpinan JNE Express tidak tahu mana yang lebih utama, maka perusahaan akan
mengalami banyak kegagalan dari segala aspek.
Dengan menyusun prioritas, JNE Express bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sebaik mungkin karena tugas dikerjakan satu per satu hingga selesai. Namun, bila pimpinan mengerjakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan, hasil yang diperoleh tidak akan memuaskan karena pikiran dan tenaga terbagi dan fokus menyebar. Hasil yang maksimal itu akan memuaskan Tuhan, karyawan sekaligus memuaskan orang orang yang terlibat dalam JNE Express.
Dengan menyusun prioritas, JNE Express bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sebaik mungkin karena tugas dikerjakan satu per satu hingga selesai. Namun, bila pimpinan mengerjakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan, hasil yang diperoleh tidak akan memuaskan karena pikiran dan tenaga terbagi dan fokus menyebar. Hasil yang maksimal itu akan memuaskan Tuhan, karyawan sekaligus memuaskan orang orang yang terlibat dalam JNE Express.
e. Rela Membayar Harga Keputusan
Untuk bisa menjadi
saluran air, sebilah bambu harus mengalami proses yang panjang dan tidak
mengenakkan. Pertama, ia harus dipotong lepas dari akarnya, lalu setiap cabang
dan rantingnya harus dibersihkan. Tidak hanya itu, setiap ruas yang ada di
dalam bambu juga harus dibersihkan agar air dapat mengalir dengan leluasa.
15
Baru setelah itu, bambu
dapat digunakan untuk mengalirkan air dan menyuburkan tanah yang sangat
membutuhkan air. Begitu juga dengan Pimpinan JNE Express. Agar dapat menjadi
pemimpin yang baik, ia harus mau mengorbankan ego dan keakuannya. Proses
pembentukan itu memang tidak mengenakkan, bahkan kadang menyakitkan bagi kita.
Perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai hal yang baik diperlukan pengorbanan.
f. Berani Bertanggung Jawab
f. Berani Bertanggung Jawab
Setiap pimpinan JNE
Express harus menyadari bahwa tidak pernah ada pemimpin yang tidak gagal,
betapa pun bijaksananya, luasnya pandangan, atau cakapnya dalam memimpin. Yang terpenting,
setiap kegagalan itu diterima dengan rendah hati, lapang dada, dan ikhlas,
terutama ikhlas kepada Tuhan, dan juga, dalam membuat keputusan haruslah
diperhitungkan bahwa kegagalan itu mungkin saja terjadi dan Pimpinan JNE
Express berani bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat karena hal ini
menyangkut hajat orang banyak yang sangat bergantung dengan keputusan
perusahaan.
Tidak banyak pimpinan perusahaan lain yang berani seperti itu. Kecenderungan yang ada ialah melemparkan kegagalan dan mencari kesalahan pada orang lain, situasi, atau lingkungan.
Tidak banyak pimpinan perusahaan lain yang berani seperti itu. Kecenderungan yang ada ialah melemparkan kegagalan dan mencari kesalahan pada orang lain, situasi, atau lingkungan.
16
Ini berarti bahwa
sepantasnyalah kita lebih memeriksa semua pihak perusahaan atas setiap
kegagalan yang diterima.
Dengan
memperhatikan menimbang dan menghayati proses diatas setiap keputusan yang
berlaku di JNE Express yang diputuskan oleh segenap direksi dan komisaris,
termasuk dalam keputusan melakukan inovasi peluncuran JESIKA JNE dan PESONA JNE
uraian diatas dijadikan sebuah dasar untuk mengambil sebuah keputusan.
17
Komentar
Posting Komentar
Alkitab dan Logistik