Bisnis Logistik



EVALUASI ETIKA BISNIS DAN PEMANFAATAN IT BESERTA SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH PT.TIKI JNE EXPRESS
(Disusun Untuk Memenuhi Tugas Pengantar Manajemen)

                                                                                                                                      
Dosen Pembimbing:
Ahmad Cahyo Nugroho, SPt. MM

Disusun Oleh:
Jepri Kurniawan (1482 1906)
Sukirman (1482 1904)
Prasetyo Abdul Jabar (1482 1918)






EVALUASI ETIKA KERJA dan BISNIS

JNE Express merupakan salah satu bagian manajemen dari perusahaan PT.TIKI JNE, perusahaan yang didirikan oleh H. Soeprapto Suparno tersebut bernama PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa yang dikenal dengan JNE Express pada tanggal 26 November 1990. Perusahaan ini memulai kegiatannya dengan delapan karyawan dan modal 100 juta rupiah. Asal mula pusat kegiatan usahanya yaitu penanganan kegiatan kepabean, impor kiriman barang, dokumen, serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia. Nilai-nilai dasar yang dianut JNE adalah jujur, adil, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan visioner. Sedangkan filosofinya yaitu efektif, efisien, fleksibel, dan seimbang.
Tahun 1991, JNE Express memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermarkas di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE Express untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia. Karena persaingannya di pasar domestik sangat ketat, JNE Express juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya, JNE Express mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE Express juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.
1




Selama bertahun-tahun JNE Express berkembang menjadi perusahaan yang punya arah sendiri. Karena itu menjadi saingan dan akhirnya JNE Express menjadi perusahaan sendiri dengan manajemen diri sendiri dan mulai menghilangkan nama TIKI dari penulisan nama perusahaan dan logo perusahaan. JNE Express meluncurkan logonya sendiri pada tahun 2000 dan berpisah dari TIKI. JNE lalu berusaha melakukan inovasi dengan memberikan layanan yang berbeda dengan TIKI. Kesan awal, masyarakat menganggap layanan JNE lebih mahal dari yang lainnya. Ini karena segemen yang dibidik memang segmen menengah keatas namun dengan kualitas yang prima harga tentu akan menyesuaikan .
Pengembangan produk dan layanan yang berbeda di JNE antara lain menyediakan jasa kurir, logistic, western union, kuliner hingga jasa trucking and moving. Sebagai sister company dengan TIKI, secara etika bisnis, JNE Express  menghadapi kesulitan tidak boleh beradu harga dan layanan dengan TIKI. Namun, ternyata industri pengiriman berkembang dan pasarnya ikut membesar sehingga JNE Express tidak perlu berebut pasar. Perlahan-lahan JNE Express menemukan banyak layanan baru yang tidak terpikir sebelumnya.
JNE lalu membeli gedung pada tahun 2002 di Tomang Raya No.11 namun baru selesai diresmikan tahun 2014 dan mendirikan JNE Express Operations Sorting

2




Centers yang berada di Bandara Mas dan Puri Kembangan. Tahun 2004, JNE membeli gedung baru yang merupakan kantor Sistem Informasi Teknologi JNE Express yg terletak di Jl.S.Parman Jakarta Barat. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan bisnis JNE Express semakin baik, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan industri. Industri sendiri bertumbuh hanya sebesar 10% – 15%, namun bisnis JNE Express tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Resep keberhasilan JNE Express adalah dengan layanan 24 jam dan tidak mau menunggu konsumen. Lebih baik, JNE Express menjemput bola. Kurir JNE Express langsung menjemput barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan barang. Hanya dengan menelepon, kurir pasti datang ke rumah.
JNE Express menganjurkan agar konsumen untuk mengansuransikan barangnya untuk barang yang mempunyai nilai tinggi (HVS). JNE Express berkomitmen memberikan layanan yang terbaik. Standar JNE Express, kalau sampai perusahaan asuransi tidak membayar klaim sesuai hari yang ditentukan, JNE Express bersedia menggantikan dengan membayar klaim konsumen. Bagi JNE Express, barang sampai tujuan pelanggan adalah harga mati. Selain itu, hamper semua jaringan sudah online. Ini memudahkan JNE Express dan pelanggan untuk mengawasi pengiriman barang.

3




Satu lagi layanan inovatif dari JNE adalah Pesona JNE. Pesona adalah pesanan oleh-oleh Nusantara. Setiap orang bisa saling mengirimkan makanan khas daerah tertentu ke sanak keluarga di daerah lain. Contoh, mau kasih oleh-oleh kerupuk bangka ke keluarga di Jakarta. Anda cukup telepon Pesona JNE dan Pesona JNE akan carikan toko kerupuk yang terkenal di Bangka dan segera dikirimkan. Bahkan, es krimpun bisa dikirimkan melalui Pesona JNE.
Tidak sampai di situ, JNE banyak melakukan inovasi-inovasi unggul lainnya. JNE sekarang membuka bisnis baru yakni trucking and moving Ini adalah layanan pengiriman barang-barang kebutuhan pokok secara partai besar dan layanan pindah rumah. Layanan trucking ini dilengkapi dengan GPS agar terpantau. JNE Express juga bekerjasama dengan perusahaan pengiriman barang International UPS. Konsumen bisa mengirimkan barang ke luar negeri lewat UPS ini. Rencana selanjutnya, JNE Express berencana terjun ke bisnis surat-menyurat di bawah 500 gram. Bisnis yang sebelumnya dimonopoli PT. Pos Indonesia, dengan pencabutan aturan ini maka membuka peluang bagi JNE Express. JNE Express saat ini tinggal menunggu aturan pemerintah yang mengatur soal bisnis ini. Saat ini JNE Express didukung oleh lebih dari 9000 karyawan dan tidak kurang dari 3.500 gerai yang tersebar luas di Indonesia. Kehandalan JNE Express juga telah dibuktikan dengan

4




diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan. Layanan terbaik adalah harga mati bagi JNE Express. Karena itu, sangat wajar kalau JNE mempunyai SDM yang handal. Bahkan departemen HRD mempunyai empat divisi yaitu intelektual (berhubungan dengan pekerjaan), training (bertugas untuk kegiatan outbound dan memberikan training), spiritual (mengatur kegiatan keagamaan), dan fisikal (berhubungan dengan aktivitas kebugaran badan karyawan).
Pelanggan selalu ingin tahu posisi barang yang dikirim berada di mana? Dulu memang tidak bisa dilihat. ‘’Tapi sekarang dengan memaksimalkan customer service, website dan telepon masalah itu dapat diatasi,” kata salah satu pimpinan, saat penulis wawancara di sela-sela main Tenis Mena, saat ini perusahaan jasa pengiriman lomba perang tarif untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Namun, pelayanan terhadap konsumen secara excellent service. Peluang usaha jasa pengiriman barang masih cukup menjanjikan. Jika digarap serius usaha bidang logistik itu mampu tumbuh 15%-20% per tahun. Menurut salah satu pimpinan yang tidak mau disebutkan nama nya tersebut “industri jasa pengiriman barang saat ini sekitar Rp7 triliun per tahun, sedangkan omzet JNE Express mencapai Rp1.7 T Di semester pertama 2014 kemarin kita optimis dapat memenuhi target 2,5 T.

5




PEMANFAATAN INFORMASI TEKNOLOGI
Seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir  system online adalah system yang harus diterapkan dalam sebuah perusahaan, hal ini untuk memanjakan kepuasan customer perusahaan namun dengan kecanggihan teknologi system tersebut bukan tanpa kelemahan, beberapa kasus terjadi apabila server system mengalami kendala teknis  paket atau dokumen akan mengalami kendala hebat hal ini akan mempengaruhi pengiriman dan berdampak besar pada hilangnya paket atau dokumen  atau paket atau dokumen menjadi tidak terkontrol. Perusahaan JNE Express mengunakan system aplikasi online yang bernama Orion Aplication yang mana dalam aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan seluruh jaringan kantor pusat kantor cabang kantor perwakilan sampai dengan kantor agen resmi yang telah bekerja sama dengan JNE Express dan seluruh customer dapat menggunakan system ini melalui website resmi JNE Express atau bisa juga melalui JNE Apilcation yang tersedia di Android Google Play dan Apple Store yang dapat diunduh dengan gratis, system aplikasi ini merupakan system canggih yang dimiliki oleh perusahaan jasa yang berada di Indonesia dengan kekuatan bandwidth yang sangat besar diprediksi setiap hari mampu mengakomodasi kurang lebih 100 juta data kiriman setiap harinya.



6






Namun dengan kecanggihan teknologi dalam system online Orion Apilcation seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak” tentu teknologi dalam system teknologi aplikasi ini masih banyak kekuragannya. Permasalah teknis ini terus menerus akan diperbaiki dengan perekrutan tenaga ahli IT dan progamer yang berkompenten di bidangnya perusahaan optimis setiap permasalahan system Informasi Teknologi online akan dapat diatasi dengan cepat.
















7





SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Perusahaan JNE Express merupakan perusahaan yang familiar dikalangan masyarakat Indonesia, setiap ada kebutuhan kirim paket ataupun dokumen mindset masyarakat lamgsung tertuju kepada JNE Express Sebuah sistem keputusan yang berlaku di JNE, yaitu model dari sistem dengan mana keputusan diambil, dapat tertutup atau terbuka. Sistem keputusan tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukan yang tidak diketahui dari lingkungan dengan kriteria dan hasil yang harus diketahui semua pihak terkait dengan cara:

1.Mengetahui semu direksi, komisaris dan semua akibat atau hasilnya masing masing
2.Memiliki metode yang memungkinkan dia membuat urutan kepentingan semua alternatif.
3.Memilih alternatif yang memaksimalkan sesuatu, misalnya laba, volume penjualan/kegunaan. 
4.Tidak mengetahui semua alternatif dan semua hasil keputusan yang telah ditetapkan


8




5.Melakukan pencarian secara terbatas untuk menemukan beberapa alternatif yang memuaskan karyawan dan seluruh jajaran perusahaan
6.Mengambil suatu keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya
Perusahaan JNE Express merupakan perusahaan yang  akan Go Publik pada 2015 dewasa ini dan perusahaan JNE Express sedang dilirik investor asing yang ingin menanamkan modalnya untuk JNE Express sedikitnya dua investor dari dua Negara Asia yakni Singapura dan Korea Selatan disinyalir tertarik untuk membeli saham mayoritas namun dengan system pengambilan keputusan segenap komisaris dan direksi yang menyimpulkan untuk menolak rencana akuisisi tersebut karena pihak investor asing menginginkan memegang saham mayoritas minimal 50+1% namun pihak direksi komisaris dan segenap pimpinan JNE Express tetap ingin memegang saham terbesar dan inging menjadi tuan rumah di negri sendiri.
JNE Express merupakan salah satu perusahaan dalam negri yang selalu tunduk dan mengimplementasikan peraturan pemerintah berdasarkan undang-undang yang berlaku diantara adalah memberikan UMR (Upah Minimum Regional) dan pengangkatan status karyawan apabila berdasarkan UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan tersebut telah memenuhi syarat untuk menjadi karyawan dan perusahaan akan memberikan seluruh hak daripada seluruh karyawan,


9




dua hal krusial diatas nampaknya masih sulit untuk dilakukan untuk beberapa perusahaan yang berada di tanah air, tentu ini menjadikan sebuah tantangan untuk seluruh pihak terkait baik itu pemerintah, buruh dan pengusaha agar sebuah perusahaan dapak mengimplementasikan UU Ketenagakerjaan tersebut.
            Setiap keputusan besar yang diambil yang menyangkut masa depan ataupun masa kini perusahaan sangat diperhatikan oleh manajemen tentu ini sangat dilakukan dengan proses kehati-hatian dan perhitungan yang matang agar manajemen tidak salah dalam pengambilan keputusan yang mana keputusan tersebut menyangkut hidup orang banyak, keputusan tersebut harus diketahui dan disetujui minimal 2/3 komisaris dan direksi dengan cara musyawarah mufakat hal tersebut sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke 4..
Seiring dengan berlaku nya AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang berlaku 2015 manajeman JNE Express telah mempersiapkan strategi brilliant untuk menghadapi pangsa pasar ASEAN yang akan masuk ke dalam pasar Indonesia, tak bisa dipungkiri Indonesia merupakan pasar kurir dan logistic yang empuk bagi para pelaku bisnis kurir dan logistic Negara-negara ASEAN tentu ini tak akan luput dalam kacamata elang manajemen JNE Express.



10




strategi khusus dari JNE Express tersebut tentunya tak akan semuanya diungkapkap namun secara umum JNE Express sedini mungkin telah melakukan pembenahan dari seluruh aspek stakeholder diataranya adalah kedisiplinan, kecepatan, ketelitian dan harga yang bersaing dengan pelaku bisnis delievery kurir dan logistik
Secara umum JNE memiliki keunggulan dengan brand yang begitu besar dan mindset masyarakat yang begitu terasa serta mindset yang berbanding lurus dengan perkembangan system teknologi informasi dan internet tentu beberapa keunggullan ini akan memeperluas pasar masyarakat untuk terus dan terus menggunakan jasa pengiriman JNE Express.
Dengan adanya beberapa keuntungan diatas jika tidak dibarengi dengan layanan customer yang prima tentu akan menjadi boomerang pagi perusahaan dengan adanya harapan customer bahwa jasa pengiriman JNE Express merupakan perusahaan jasa yang dapat dihandalkan paling cepat, paling aman dan dapat dipercaya ini merupakan sebuah tantangan bagi stakeholder perusahaan untuk kerja kerja dan keja lebih keras lagi untuk mewujudkan layanan yang prima demi kepuasan customer karena bagi JNE Express Kepuasan customer adalah segalanya.
Layanan customer terus ditingkatkan dan seiring dengan pengguna internet yang terus naik manajemen perusahaan JNE Express optimistis mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam pasar bebas AFTA 2015 kelak.

11




Perusahaan JNE Express selalu berinovasi untuk terus memanjakan kepuasan pelanggan baru-baru ini melaui meeting segenap direksi dan komisaris peruusahaan JNE Express meluncurkan produk baru yakni:
1.      Jasa pengataran ASI (Air Susu Ibu) yang bernama ‘’JESIKA JNE’’
Berdasarkan analisis segenap manajemen pangsa pasar ini sangat menjajikan yang mana zaaman sekarang begitu banyak wanita karir yang berada di Indonesia terurtama kota-kota besar tanah air, hal tersebut tentu menjadi peluang yang sangat besar untuk berbisnis jasa pengantaran ASI.
2.      Jasa penyedia kuliner seluruh nusantara atau lebih dikenal dengan nama Pesanan oleh-oleh nusantara atau ‘’PESONA JNE’’
Dimana seluruh customer setia JNE dapat membeli oleh-oleh ataupun memesan makanan khas daerah melalui situs website PESONA JNE, ini merupakan sebuah terobosan baru cara berbelanja yang mudah unik dan menyenangkan untuk customer setia JNE Express
Inovasi yang terus dilakukan JNE Express tentu sangat memperhatikan beberapa aspek dalam pengambilan keputusan, dalam membuat keputusan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena keputusan yang diambil akan melibatkan pemimpinan perusahaan, karyawan, serta lingkungan.

12




Uraian berikut ini merupakan penjelasan yang pemimpin JNE Express dalam mengembangkan kemampuannya dalam membuat keputusan:
a. Tidak Emosional
Selama Pimpinan JNE Express masih merasa ragu-ragu, belum mengetahui dengan pasti apa yang dikehendaki Tuhan, jangan mengambil keputusan. Jangan pula membuat keputusan bila emosi Anda dalam keadaan yang labil, terburu-buru.

b. Keputusan Jelas dan Tegas
Keputusan yang diambil oleh seorang pimpinan JNE Express, harus senantiasa tegas dan jelas, tidak membuat orang lain merasa bingung. Selalu ada kemungkinan bahwa ada orang lain yang tidak dapat menerima keputusan yang jelas dan tegas itu. Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan pimpinan membuat sebuah perhitungan yang matang, analisa yang tepat, dan evaluasi yang objektif. Biasanya, pemimpin sudah memiliki gambaran tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi karena keputusan itu dan itulah alasan mengapa ada sasaran yang jelas yang akan dituju oleh keputusan itu.
Selanjutnya, penting untuk memberikan kesempatan pada orang lain untuk melahirkan dan mengemukakan pendapat dan pemikirannya, meskipun Pimpinan JNE Express telah membuat perhitungan tentang keputusan akhir.

13





c. Keputusan Terarah dengan Keputusan Tunggal yang Jelas
Keputusan yang tunggal, namun luas selalu lebih efektif dalam menggerakkan orang-orang yang dipimpin oleh pimpinan JNE Express. Pimpinan tidak membuat keputusan dengan bermacam-macam tujuan yang kecil. Karena dengan banyaknya tujuan akan merepotkan orang yang dipimpin. Mereka akan merasa bingung untuk menentukan tujuan mana yang harus dicapai terlebih dahulu. Lebih buruk lagi bila tiap-tiap orang yang dipimpin memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang memilih tujuan A, ada yang ingin mencapai tujuan B, dst. Tujuan yang tunggal dan luas itu lebih terarah, lebih mempersatukan, dan lebih mendorong tiap orang untuk mencapai tujuan. Pimpinan JNE Express yang dimotori oleh Mr.H.M Johari Zein adalah pemimpin yang memiliki tujuan dan perkara yang besar. Kebesaran, kekuatan, dan kewibawaan seorang pemimpin sangat dipengaruhi oleh luasnya gagasan yang dibawa oleh seorang pemimpin yang mempunyai jiwa leadership.

d. Keputusan Sesuai dengan Skala Prioritas Perusahaan
Pimpinan JNE Express selalu dihadapkan pada berbagai tugas dan kesibukan. Semuanya dirasakan penting dan harus dikerjakan dengan baik. Namun, tidak mungkin seorang pemimpin dapat melakukan semua tugasnya sekaligus dengan hasil yang sama baiknya.
14




Oleh karena itu, diperlukan seorang yang menyusunnya sesuai prioritas. Prioritas dapat menolong dan mempermudah kita dalam melaksanakan tugas secara teratur dan efektif serta efisien. Menyusun prioritas bisa menjadi hal yang sulit. Adakalanya semua tugas kelihatannya perlu diprioritaskan atau diutamakan. Namun, sebenarnya  masih bisa menempatkan hal lain yang lebih utama. Jika pimpinan JNE Express tidak tahu mana yang lebih utama, maka perusahaan akan mengalami banyak kegagalan dari segala aspek.
Dengan menyusun prioritas, JNE Express bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sebaik mungkin karena tugas dikerjakan satu per satu hingga selesai. Namun, bila pimpinan mengerjakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan, hasil yang diperoleh tidak akan memuaskan karena pikiran dan tenaga terbagi dan fokus menyebar. Hasil yang maksimal itu akan memuaskan Tuhan, karyawan sekaligus memuaskan orang orang yang terlibat dalam JNE Express.

e. Rela Membayar Harga Keputusan
Untuk bisa menjadi saluran air, sebilah bambu harus mengalami proses yang panjang dan tidak mengenakkan. Pertama, ia harus dipotong lepas dari akarnya, lalu setiap cabang dan rantingnya harus dibersihkan. Tidak hanya itu, setiap ruas yang ada di dalam bambu juga harus dibersihkan agar air dapat mengalir dengan leluasa.
15




Baru setelah itu, bambu dapat digunakan untuk mengalirkan air dan menyuburkan tanah yang sangat membutuhkan air. Begitu juga dengan Pimpinan JNE Express. Agar dapat menjadi pemimpin yang baik, ia harus mau mengorbankan ego dan keakuannya. Proses pembentukan itu memang tidak mengenakkan, bahkan kadang menyakitkan bagi kita. Perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai hal yang baik diperlukan pengorbanan.

f. Berani Bertanggung Jawab
Setiap pimpinan JNE Express harus menyadari bahwa tidak pernah ada pemimpin yang tidak gagal, betapa pun bijaksananya, luasnya pandangan, atau cakapnya dalam memimpin. Yang terpenting, setiap kegagalan itu diterima dengan rendah hati, lapang dada, dan ikhlas, terutama ikhlas kepada Tuhan, dan juga, dalam membuat keputusan haruslah diperhitungkan bahwa kegagalan itu mungkin saja terjadi dan Pimpinan JNE Express berani bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat karena hal ini menyangkut hajat orang banyak yang sangat bergantung dengan keputusan perusahaan.
Tidak banyak pimpinan perusahaan lain yang berani seperti itu. Kecenderungan yang ada ialah melemparkan kegagalan dan mencari kesalahan pada orang lain, situasi, atau lingkungan.


16




Ini berarti bahwa sepantasnyalah kita lebih memeriksa semua pihak perusahaan atas setiap kegagalan yang diterima.
            Dengan memperhatikan menimbang dan menghayati proses diatas setiap keputusan yang berlaku di JNE Express yang diputuskan oleh segenap direksi dan komisaris, termasuk dalam keputusan melakukan inovasi peluncuran JESIKA JNE dan PESONA JNE uraian diatas dijadikan sebuah dasar untuk mengambil sebuah keputusan.










17



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Pemanfaatan IT dalam Perusahaan

Tata Cara Puasa dalam Agama Kristen

Setting dalam MS. Outlook