Etika dalam Bisnis

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
1.        Mata Kuliah                     :  Etika Bisnis
2.        Kode/ SKS                        :  2 (dua)
3.        Semester                          :  -
4.        Estimasi Waktu                :  Kuliah tatap muka 16 x  100 menit  (sesuai SKS)  = 1600 menit = 26 Jam 7 menit
5.        Deskripsi Singkat              :  Membahas tentang landasan dan peran penting etika dalam praktik bisnis untuk menghadapi tantangan yang muncul dalam pelaksanaan bisnis mulai dari internal hingga eksternal perusahaan.
6.        Rancangan Pembelajaran  :   Teori didalam dan diluar kelas
Pertemuan Ke-
Entry Level
Kompetensi
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Indikator Keberhasilan
Penilaian Proses dan Kinerja
Media/ Fasilitas Pembelajaran
Waktu Pembelajaran
Bobot (%)
Referensi

1

Mahasiswa dapat memahami kontrak perkuliahan


Mahasiswa mampu memahami konsep, prinsip dan factor yang mempengaruhi etika bisnis
Kontrak perkuliahan




Pengantar Etika Bisnis
1.  Konsep Etika Bisnis
2.  Perkembangan Etika bisnis
3.  Prinsip-prinsip etika bisnis
4.  Faktor sejarah dan budaya dalam etika bisnis
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep etika bisnis, perkembangan etika bisnis, prinsip etika bisnis serta factor yang mempengaruhi etika bisnis.
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



2


Mahasiswa mampu memahami teori yang melandasi etika bisnis

Teori Etika Bisnis
1. Teori Ontologi dan deontology
2. Teori utilitarisme
3. Teori Hak
4. Teori Keutamaan
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori yang menjadi landasan dalam etika bisnis
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



3


Mahasiswa mampu memahami peran dari etika dalam pelaksanaan bisnis

Peranan Etika dalam Bisnis
1. Bisnis berlangsung dalam konteks moral
2. Kode Etik Perusahaan
3. Good Ethics, Good business
Mahasiswa mampu menjelaskan peranan dan penerapan etika yang baik dalam bisnis
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



4

Mahasiswa mampu memahami hakikat dan jenis hak dan keadilan dari norma moral
Hak dan Keadilan dari Norma Moral
1. Hakikat keadilan
2. Pembagian keadilan
3. Keadilan distributif
4. Keadilan ekonomis
Mahasiswa mampu menjelaskan hak dan keadilan dari norma moral
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



5

Mahasiswa mampu memahami ideologi yang terdapat dalam bisnis
Liberalisme dan sosialisme sebagai perjuangan moral

1. Pertentangan dan perdamaian antara liberalisme dan sosialisme
2. Kapitalisme dan demokratisasi
Mahasiswa mampu menjelaskan ideology yang terdapat dalam bisnis
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



6

Mahasiswa mampu memahami penerapan etika dalam praktik pasar yang kompetitif
Etika dalam pasar kompetitif
1. Etika Pasar Bebas
2. MEA
3. Monopoli
4. Oligopoli
5. Peraturan pemerintah terkait
Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan etika dalam praktik pasar yang kompetitif
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



7


Mahasiswa mampu memahami hubungan hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan
Karyawan dan Perusahaan
1.  Kewajiban karyawan terhadap perusahaan
2.  Kewajiban perusahaan terhadap karyawan
3.  Masalah Etika karyawan dan perusahaan
4.  Hak atas pekerja (upah, berserika, perlindungan keamanan dan kesehatan, perlakuan hukum)
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



8
UJIAN TENGAH SEMESTER
UJIAN TENGAH SEMESTER

UJIAN TENGAH SEMESTER
UJIAN TENGAH SEMESTER
9

Mahasiswa mampu memahami masalah etika yakni diskriminasi yang muncul dalam pekerjaan
Masalah Etika dalam Pekerjaan : Deskriminasi
1.  Konsep deskriminasi
2.  Jenis Diskriminasi : Utilitas, hak dan keadilan
3.  Tingkatan deskriminasi
4.  Peraturan terkait
Mahasiswa mampu menjelaskan masalah etika yakni diskriminasi yang muncul dalam pekerjaan
Studi Kasus
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



10

Mahasiswa mampu memahami hubungan yang etis antara konsumen dan perusahaan
Pasar dan Perlindungan konsumen
1. Hubungan konsumen dan perusahaan
2. Tanggung jawab bisnis terhadap konsumen
3. Organisasi-organisasi perlindungan konsumen
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan yang etis antara konsumen dan perusahaan
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



11


Mahasiswa mampu memahami kode etik profesi dan prinsip serta penerapannya dalam perusahaan
Etika Profesi
1. Definisi Kode etik profesi
2. Prinsip dan kode etik dalam bisnis
3. Perbandingan kode etik
4. Profesi dan Hakikat Manusia Utuh
Mahasiswa mampu menjelaskan kode etik profesi, prinsip dan penerapannya dalam perusahaan
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



12

Mahasiswa mampu memahami tanggung jawab social yang dilakukan oleh perusahaan
Tanggung jawab social perusahaan
1. Tanggung jawab legal dan tanggung jawab moral perusahaan
2. Tanggung jawab ekonomis dan tanggung jawab sosial
3. Kinerja sosialisasi perusahaan

Mahasiswa mampu menjelaskan tanggung jawab social yang dilakukan oleh perusahaan
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



13

Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan kepemerintahan yang baik (Good Corporate Governance)
Good Corporate Governance
1. Latar belakang munculnya GCG
2. Pengertian GCG
3. Prinsip dan manfaat GCG
4. Penerapan GCG di berbagai lembaga bisnis
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan penerapan kepemerintahan yang baik
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



14

Mahasiswa mampu memahami hubungan etis antara manusia dan alam di sekitarnya
Etika dan Kelestarian Lingkungan
1. Krisis lingkungan hidup
2. Lingkungan hidup dan ekonomi
3. Hubungan manusia dengan alam
4. Dasar etika terhadap lingkungan hidup
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan etis antara manusia dan alam di sekitarnya
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



15

Mahasiswa mampu memahami etika yang ada dalam bisnis internasional
Etika dalam Bisnis Internasional
1. Norma-norma moral dalam taraf internasional
2. Aspek-aspek etis dari perusahaan multinasional
3. Masalah-masalah etis dalam taraf internasional
Mahasiswa mampu menjelaskan etika yang ada dalam bisnis internasional
Kuliah Tatap Muka
a. Power Point
b. Buku Teks
c. White board
d. Spidol

100



16
UJIAN AKHIR SEMESTER




SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI D1 LOGISTIK DISTRIBUSI DAN DELIVERY
Matakuliah      :      Etika Bisnis
DOSEN           :     

Minggu ke
Pokok Bahasan dan TIU
Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar
Praktikum
Media
Praktikum
Indikator
Keberhasilan
1
Pengantar Etika Bisnis


TIU : Mahasiswa mampu memahami konsep, prinsip dan factor yang mempengaruhi etika bisnis

  1. Konsep Etika Bisnis
  2. Perkembangan Etika bisnis
  3. Prinsip-prinsip etika bisnis
  4. Faktor sejarah dan budaya dalam etika bisnis


Mahasiswa mampu menjelaskan konsep etika bisnis, perkembangan etika bisnis, prinsip etika bisnis serta factor yang mempengaruhi etika bisnis.
2
Teori Etika Bisnis

TIU: Mahasiswa mampu memahami teori yang melandasi etika bisnis

1.      Teori Ontologi dan deontology
2.      Teori utilitarisme
3.      Teori Hak
4.      Teori Keutamaan


Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori yang menjadi landasan dalam etika bisnis
3
Peranan Etika dalam Bisnis

TIU: Mahasiswa mampu memahami peran dari etika dalam pelaksanaan bisnis

1.      Bisnis berlangsung dalam konteks moral
2.      Kode Etik Perusahaan
3.      Good Ethics, Good business


Mahasiswa mampu menjelaskan peranan dan penerapan etika yang baik dalam bisnis
4
Hak dan Keadilan dari Norma Moral

TIU : Mahasiswa mampu memahami hakikat dan jenis hak dan keadilan dari norma moral
1.      Hakikat keadilan
2.      Pembagian keadilan
3.      Keadilan distributif
4.      Keadilan ekonomis


Mahasiswa mampu menjelaskan hak dan keadilan dari norma moral
5
Liberalisme dan sosialisme sebagai perjuangan moral

TIU: Mahasiswa mampu memahami ideologi yang terdapat dalam bisnis
1.      Pertentangan dan perdamaian antara liberalisme dan sosialisme
2.      Kapitalisme dan demokratisasi


Mahasiswa mampu menjelaskan ideology yang terdapat dalam bisnis
6
Etika dalam pasar kompetitif

TIU: Mahasiswa mampu memahami penerapan etika dalam praktik pasar yang kompetitif
1.      Etika Pasar Bebas
2.      MEA
3.      Monopoli
4.      Oligopoli
5.      Peraturan pemerintah terkait


Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan etika dalam praktik pasar yang kompetitif
7
Karyawan dan Perusahaan

TIU: Mahasiswa mampu memahami hubungan hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan
  1. Kewajiban karyawan terhadap perusahaan
  2. Kewajiban perusahaan terhadap karyawan
  3. Masalah Etika karyawan dan perusahaan
  4. Hak atas pekerja (upah, berserika, perlindungan keamanan dan kesehatan, perlakuan hukum)


Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan
8
UJIAN TENGAH SEMESTER
9
Masalah Etika dalam Pekerjaan : Deskriminasi

TIU: Mahasiswa mampu memahami masalah etika yakni diskriminasi yang muncul dalam pekerjaan
  1. Konsep deskriminasi
  2. Jenis Diskriminasi : Utilitas, hak dan keadilan
  3. Tingkatan deskriminasi
  4. Peraturan terkait


Mahasiswa mampu menjelaskan masalah etika yakni diskriminasi yang muncul dalam pekerjaan
10
Pasar dan Perlindungan konsumen


TIU: Mahasiswa mampu memahami hubungan yang etis antara konsumen dan perusahaan
1.      Hubungan konsumen dan perusahaan
2.      Tanggung jawab bisnis terhadap konsumen
3.      Organisasi-organisasi perlindungan konsumen


Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan yang etis antara konsumen dan perusahaan
11
Etika Profesi


TIU: Mahasiswa mampu memahami kode etik profesi dan prinsip serta penerapannya dalam perusahaan
1.      Definisi Kode etik profesi
2.      Prinsip dan kode etik dalam bisnis
3.      Perbandingan kode etik
4.      Profesi dan Hakikat Manusia Utuh


Mahasiswa mampu menjelaskan kode etik profesi, prinsip dan penerapannya dalam perusahaan
12
Tanggung jawab social perusahaan


TIU: Mahasiswa mampu memahami tanggung jawab social yang dilakukan oleh perusahaan
1.      Tanggung jawab legal dan tanggung jawab moral perusahaan
2.      Tanggung jawab ekonomis dan tanggung jawab sosial
3.      Kinerja sosialisasi perusahaan



Mahasiswa mampu menjelaskan tanggung jawab social yang dilakukan oleh perusahaan
13
Good Corporate Governance (GCG)

TIU: Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan kepemerintahan yang baik (Good Corporate Governance)
1.      Latar belakang munculnya GCG
2.      Pengertian GCG
3.      Prinsip dan manfaat GCG
4.      Penerapan GCG di berbagai lembaga bisnis


Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan penerapan kepemerintahan yang baik
14
Etika dan Kelestarian Lingkungan


TIU: Mahasiswa mampu memahami hubungan etis antara manusia dan alam di sekitarnya
1.      Krisis lingkungan hidup
2.      Lingkungan hidup dan ekonomi
3.      Hubungan manusia dengan alam
4.      Dasar etika terhadap lingkungan hidup


Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan etis antara manusia dan alam di sekitarnya
15
Etika dalam Bisnis Internasional

TIU: Mahasiswa mampu memahami etika yang ada dalam bisnis internasional
1.      Norma-norma moral dalam taraf internasional
2.      Aspek-aspek etis dari perusahaan multinasional
3.      Masalah-masalah etis dalam taraf internasional


Mahasiswa mampu menjelaskan etika yang ada dalam bisnis internasional
16
UJIAN AKHIR SEMESTER


DAFTAR REFERENSI:
  1. Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
  2. Agoes, S., dan Ardana, I., C. 2009. Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
  3. Velasquez, Manuel G. 2005. Etika Bisnis; Konsep dan Kasus Edisi 5. Yogyakarta: Penerbit Andi
  4. Emil, B. 2012. Kasus-kasus Etika dan Profesi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
  5. Sedarmayanti. 2012. Good Governance & Good Corporate Governance. Jakarta : Mandar Maju

KOORDINATOR                                                                                                                                                                                      NALAL MUNA
                                                                                                                                                                                              NIP


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dan Pemanfaatan IT dalam Perusahaan

Tata Cara Puasa dalam Agama Kristen

Setting dalam MS. Outlook